Bunda PAUD Dairi, Apresiasi Anggota Babinsa Peduli Pendidikan

169
Foto Bersama Bunda Paud Dairi, Kadis Pendidikan dan Pendiri Paud Kirana.

DAIRI, Tigalingga-dibaktinews.com

Pendirian PAUD oleh petugas Babinsa merupakan prestasi yang luar biasa yang ditorehkan, Sertu Jonni Berutu. Sebab baru kali ini ada prajurit TNI yang punya pemikiran mewujudkan cita-citanya membantu pemerintah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dari segi dunia pendidikan.

“Saya berharap kedepannya ada Jonni yang lain akan hadir di Kabupaten Dairi, yang perduli dengan pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini”ungkap Bunda PAUD, Ny Romy Mariani Eddy Berutu saat meresmikan PAUD Kirana di Lau Salak, Desa Lau Sireme, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, Rabu (28/8/19).

Disebutkannya, anak merupakan berkat terbesar yang diberikan Tuhan kepada masing-masing keluarga dan menjadi tanggungjawab para orangtua untuk memastikan anak-anaknya hidup sehat dan cerdas serta ceria.

“Sehingga pada masanya nanti kita akan mengantar mereka kepada kehidupan dan cita-cita mereka yang tentu saja akan membuat para orang tua bangga,”kata Ny Romy.

Menurut Ny Romy, dengan hadirnya Paud Kirana di tengah-tengah masyarakat Desa Lau Sirame, memang benar-benar memberikan berkat. Karena baru satu PAUD yang berdiri di Desa Lau Sirame ini. Program pemerintah Kabupaten Dairi kedepan mencanangkan satu desa satu PAUD.

PAUD Kirana merupakan PAUD ke 207 yang ada dan terdaftar di Kabupaten Dairi. Dari data yang  ada saat ini masih 20% PAUD di Kabupaten Dairi yang mampu menampung anak-anak usia dini.

“Jadi, masih banyak sekali anak-anak di Kabupaten Dairi yang belum menikmati sekolah usia dini,”sebut Ny Romy..

Dijelaskannya, untuk PAUD Desa, setelah melakukan audiensi dengan Dirjen PAUD di Jakarta, bahwa 5% dari dana desa bisa diperuntukkan untuk PAUD. Untuk itu kepada Kepala Desa di Kabupaten Dairi, agar secara bersama-sama untuk fokus pada pengembangan sumber daya manusia yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

Masuknya anak-anak ke PAUD untuk memastikan dan mempersiapkan mental dan fisik anak-anak ke jenjang pendidikan formal nantinya.

“Paud merupakan tempat bermain sambil belajar. Untuk itu bagi para orang tua agar bekerja sama dengan para guru pembimbing, sehingga nantinya kita dapat melihat bakat anak-anak kita ada dimana. Oleh karena itu,  kita mengajak seluruh lapisan masyarakat dan pihak-pihak terkait untuk saling bahu membahu dan mendukung pendidikan anak sejak usia dini,”pintanya.

Sertu Joni Berutu pendiri PAUD Kirana saat memberikan kata sambutan.

Sementara, Pendiri Paud Kirana Sertu Jonni Berutu yang juga anggota Babinsa Koramil 04/Tigalingga pada kesempatan itu mengatakan,  bahwa PAUD yang didirikan dengan susah payah tersebut, bertujuan untuk  mewujudkan cita-cita dan impiannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa lewat sektor pendidikan.

Menurutnya, sebagai anggota Babinsa, ia tidak hanya melakukan pembinaan desa dibidang pertanian, bela negara dan Hankam saja. Akan tetapi juga perduli dengan dunia pendidikan, khusunya pendidikan anak usia dini.

“Sehingga pendidikan anak-anak di desa bisa setara dengan anak-anak diperkotaan, agar nantinya percaya diri dan mental mereka bisa terbentuk dan tertatah sejak dini,”sebutnya.

Disebutkan Sertu Jonni, fasilitas yang tersedia di Paud Kirana adalah 3 ruangan kelas dengan kapasitas 25 murid dan 1 ruangan guru, serta bus antar jemput para murid Paud Kirana. Sementara untuk jumlah murid sejak dibuka pada masa pendaftaran bulan Juni sampai bulan Juli 2019,  berjumlah 28 orang.

“Saya berharap kedepan Pemerintah Kabupaten Dairi dapat memberikan dukungan kepada PAUD Kirana, sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan semakin banyak jumlah anak-anak usia dini yang akan menjadi murid PAUD Kirana,”harapnya.

Persmian Paud Kirana turut dihadiri, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Dra Rosema Silalahi, Danramil 04/Tigalingga Kapten inf budi Karo Sekali, Ketua Himpaudi Kabupaten Dairi Luat Darson Simanullang, Kepala Desa Lau Sireme, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Lau Sireme, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Lau Sireme. (YG)