Temui Kepala BNPB Pusat, Bupati Jelaskan Kondisi Dairi Pasca Bencana Alam Banjir Bandang

85
Bupati Dairi bersama Kepala BNPB Pusat Jakarta

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Untuk menjelaskan kondisi Kabupaten Dairi, pasca bencana alam banjir bandang, Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Kepala BPBD Dairi, Bahagia Ginting melakukan pertemuan terbatas dengan Kepala BNPB RI, Letjen Doni Monardo di Kantor BNPB RI Jakarta.

Letjen Doni Minardo menyambut baik kedatangan Bupati Dairi bersama Kepala BPBD ke Kantor BNPB RI. Dalam pertemuan tersebut, ia menjelaskan bahwa anggaran di BNPB RI saat ini sangat terbatas.

“Jadi hal yang bisa kita bantu, akan kita coba bantu semaksimal mungkin, namun yang perlu ditanamkan adalah semangat dalam menjaga alam dan merubah mindset masyarakat, agar sensitif  kepada alam sekitar,”kata Doni.

Sementara Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, kedatangannya ke Jakarta menemui Kepala BNPB Pusat adalah, berangakat dari peristiwa banjir bandang yang terjadi pada, 17 Desember 2018 lalu, sebelum dirinya dilantik menjadi Bupati Dairi,

“Kita pernah mengunjungi lokasi banjir bandang yang ada di Kecamatan Silimapungga-pungga, kita juga sempat mengunjungi rumah keluarga korban banjir bandang,”kata Eddy melalui Plt Kasubag Humas, Palti Pandiangan, Rabu (28/8/19).

Karena keterbatasaan anggaran APBD Dairi, sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi belum mampu membantu warga untuk merehabilitasi dan merekontruksi dampak bencana alam yang terjadi.

“Untuk itu kepada Kepala BNPB RI, kita berharap bisa membantu untuk merehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga dan fasilitas umum yang rusak,”sebutnya.

Beberapa hal yang menjadi bagian penting juga turut diminta oleh Eddy, yakni membantu dalam penguatan lembaga dan pembentukan desa/kelurahan tangguh bencana (DESTANA). Pendidikan dan pelatihan personil guna peningkatan kapasitas SDM BPBD

Bantuan peralatan standar untuk peningkatan kapasitas pusat pengendalian operasional BPBD. Bantuan alat berat, kendaraan operasional dan sepeda motor. Mobil dapur umum, Toilet mobile dan tenda pengungsi dan bantuan mitigasi lahan-lahan kritis.

“Selain itu kita juga berharap agar kedepannya ada bantuan untuk Kabupaten Dairi yang diberikan dalam hal pencegahaan dan tanggap bencana,”ungkap Eddy. (YG)