Ini Kata Bupati Dairi Usai Menghadiri Sosialisasi Aternatif Pembiayaan Daerah

97
Bupati Dairi bersama narasuber dari pemerintah pusat.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Dairi, Bupati DR Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri langsung pertemuan dan sosialisasi alternatif pembiayaan daerah dalam rangka mendukung percepatan pembangunan. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Senin (26/8/19).

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah pusat melalui narasumber Dirjen Pengelolaan  Pembiayaan dan Risiko Kementrian Keuangan RI, Dirjen Pertimbangan  Keuangan Kementrian Keuangan RI, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri RI, Deputi  Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur, memamparkan beberapa skema keuangan yang dibuat untuk dapat menjadi alternatif percepatan pembangunan di daerah.

Seperti yang diketahui keterbatasan DAU dan DAK, serta keterbatasan APBD Kabupaten Dairi yang menyebabkan keterlambatan pembangunan fiskal, maka pola-pola keuangan seperti pinjaman kepada daerah akan sangat membantu pemerintah kabupaten dalam hal pembangunan infrastruktur. Sehingga pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dapat langsung di rasakan oleh Masyarakat .

“Saya memuji inovasi dan kreatifitas dalam mencari trobosan, sehingga kita bisa lebih cepat mengejar ketertinggalan pembangunan kita dari kabupaten lain,”kata Eddy usai menghadiri sosialisasi tersebut.

Tentunya skema-skema ini sangat baik dan relevan untuk Kabupaten Dairi yang akan dapat mempercepat proses pembangunan terutama untuk infrastruktur yang sudah terbengkalai beberapa lama.

Selain itu, Eddy juga menyampaikan bahwa program ini sedang dikaji, agar dapat memakai skema ini untuk pembangunan di  Kabupaten Dairi yang nantinya akan bergerak lebih cepat.

“Saya meyakini arah kebijakan kedepan akan di dukung oleh seluruh stakeholder dan semua elemen masyarakat khususnya DPRD untuk mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Dairi,”terangnya. (YG)