Dandim 0206/Dairi Pimpin Upacara Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Di TMP Sidikalang

399
Dandim 0206/Dairi saat membacakan naskah renungan suci.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH bertindak sebagai Inspektur  Upacara (Irup) pada apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidikalang, jalan Pahlawan, Kelurahan Batang Beruh, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Jumat (16/8/19) jam 24.00 WIB.

Upacara yang berlangsung khimat, diawali dengan pembacaan naskah renungan suci oleh Inspektur upacara,”Pada hari ini, Sabtu tanggal 17 Agustus 2019, pukul 00.00 WIB pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan”.

Disebutkannya, ada sekitar 73 makam di TMP Sidikalang, terdiri dari TNI 48 orang, Polri 12, Badan perjuangan 5 orang, Pahlawan tak dikenal 8 orang, menyatakan hormat sebesar-besarnya atas jasa dan kesucian saudara-saudara. Kesucian saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian negara dan bangsa .

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh.Tuhan YME, serta mendapatkan tempat swajarnya,”ucap Letkol Arh Hadi Purwanto.

Usia upacara, Letkol Arh Hadi Purwanto ketika ditanya harapannya kepada masyarakat Dairi di HUT kemerdekaan RI Ke-74 mengatakan, agar masyarakat bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.Karena tanpa adanya persatuan dan kesatuan bangsa, maka akan susah untuk memajukan daerah.

“Jadi, melalui HUT kemerdekaan RI ke-74 ini, marilah kita jalin persatuan dan kesatuan bangsa,”sebut Letkol Arh Hadi Purwanto.

Dandim 0206/Dairi saat akan memasuki lokasi upacara.

Kegiatan upacara dihadiri, Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu, Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan SIK, Wakapolres Dairi Kompol David Silalahi, Kasdim 0206/Dairi Mayor Inf Danial Pandia, Dansub PM Kapten CPM Antonius Sembiring, Sekda Dairi Sebastianus Tinambunan, Perwakilan Kejari Dairi, Para SKPD Pemkab Dairi dan undangan lainnya.

Dengan peserta upacara, Personil Kodim 0206/Dairi, Personil Kompi B/C 125/SMB, Personil Polres Dairi.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan menjelang 17 Agustus setiap tahunnya, sebagai bentuk penghargaaan kepada para pahlawan kesuma bangsa yang telah gugur dalam mempertahankan tanah air, untuk meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.(fajar)