Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Dairi Berlangsung Haru

310
Bupati Dairi dan tamu undangan foto bersama anggota Paskibraka.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Usai menjalani latihan yang melelahkan selama 15 hari, akhirnya sebanyak 42 putra/putri calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Dairi tahun 2019 resmi dikukuhkan Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu. Upacara pengukuhan dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR), jalan Rumah Sakit Umum, Kecamatan Sidiklaang, Kamis (15/8/19) jam 16.00 WIB.

Paskibraka ini nantinya akan melaksanakan tugas menaikan dan menurunkan bendera merah  di HUT Kemerdekaan RI ke-74 pada, 17 Agustus 2019 di Stadiun sepak bola  Panji Bako, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi.

Pengukuhan 42 calon Paskibraka yang berlangsung  sakral dan penuh penghayatan ini, diawali dengan prosesi menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan hening cipta, Serta prosesi mencium bendera merah putih. Rangkain ini membuat haru  kepada anggota Paskibraka dan semua yang hadir dalam upacara tersebut.

Dalam amanatnya Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, selamat atas terpilihnya adik-adik sebagai pasukan Paskibraka. Adik-adik adalah putra/putri terbaik Kabupaten Dairi yang memiliki keistimewaan.

“Bukan hanya sebagai pengibar bender, tetapi harus bisa menunjukan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin dan bermoral, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,”kata Eddy.

Pada hari ini adik-adik telah dikukuhkan, itu menandakan adik-adik telah resmi menjadi Paskibraka kabupaten Dairi yang akan melaksanakan tugas pada, 17 Agustus nanti.

Adik-adik telah dilatih dan digembleng kurang lebih 15 hari, sejak 4 Agustus dan hari ini dilakukan pengukuhan. Dalam masa-masa latihan tersebut telah ditanamkan banyak hal yang terkait dengan patriotsme.

Bupati Dairi saat memimpin upacara pengukuhan Paskibraka.

“Ini untuk menjadikan adik-adik  putra/putri yang memiliki  jiwa besar, jiwa bangga menjadi pemuda-pemudi yang mampu mendharma bhaktikan  segala jiwa raga, untuk mengisi kemerdekaan  negara Indonesia yang kita cintai ini,”sebut Eddy.

Tugas yang akan adik-adik laksanakan nanti sangat berat, namun sangatlah mulia, karena adik-adik merupakan tunas bangsa, harapan bangsa dan negara. Dengan menunjukan sikap berkorban, meluangkan waktu dan tenaga, untuk menjadi Paskibraka

“Adik-adik sekalian telah menunjukan dharma bhakti kepada bangsa dan negara, sebagaimana para pahlawan kita yang rela bekorban jiwa dan raga demi kemerdekaaan bangsa dan negara,”ucapnya.

Sementara, mewakili Forkompinda, Kejari Dairi Syahrul Juaksha Subuki SH,MH mengatakan, pengukuhan ini tidak sekedar hanya seremoni saja, tapi diharpkan bisa menjadi momentum kepada 42 orang Paskibraka yang baru dikukuhkan.

Untuk memperlihatkan sikap-sikap yang kalian tunjukan kepada inspektur upacara, sikap patriotisme, jiwa belah negara dan sikap terhormat lainnya dari pemuda-pemudi pilihan dan yang terbaik dari kabupaten Dairi.

 

“Kami titip harapan kepada 42 orang ini, tidak sampai disini nanti perjalannya. Sangat besar harapan dari kami, agar para Paskibraka nantinya bisa  memberikan virus  yang baik kepada pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten Dairi dan bisa menjadi tauladan untuk mereka,”pinta Syahrul.

Hadir dalam pengukuhan tersebut, Kegiatan tersebut dihadiri dan disaksikan, Sekda Dairi Sebastinus Tinambunan, Ketua DPRD Sabam Sibarani, Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan SIK, Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto SH, Kejari Dairi Syahrul Juaksha Subuki SH,MH, Ketua PKK Dairi, Ibu Persit KCK Cabang XLII Kodim 0206/Dairi, Para SKPD Pemkab Dairi, Para Kepala Sekolah dan keluarga Paskibraka. (junitha)