Peringati HUT RI Ke-74, Kodim 0206/Dairi Gelar Perlombaan Paskibraka Tingkat SMU/SMK

191
Dandim bersama Bupati Dairi foto bersama dengan peserta Paskibraka.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Meriahkan HUT RI Ke-74 Tahun 2019, Kodim 0206/Dairi menggelar perlombaan Paskibraka tingkat SMU/SMK . Kegiatan dilaksanakan di lapangan Sudirman Kodim 0206/Dairi, jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Sidikalang, Selasa (13/8/19) jam 09.00 WIB.

Perlombaan Paskibraka yang dibuka oleh Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu diikuti siswa/siswi SMA/SMK yang dilatih dan dibina oleh tujuh Koramil Kodim 0206/Dairi yang ada di Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat.

Sebelum kegiatan dibuka, terlebih dahulu dilakukan upacara apel bersama yang dipimpin langsung Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto. Dihadiri Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu, Kasdim 0206/Dairi Mayor Inf Danial Pandia, Wakapolres Dairi, Kompol David P. Silalahi, Ketua Pesit Cabang XLII Kodim 0206/Dairi Ny Yeni Nuraini Hadi Purwanto dan anggota, para SKPD Pemkab Dairi, Camat Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat, Kepala Sekolah dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto dalam arahannya mengatakan, perlombaan Paskibraka bertujuan sebagai salah satu wadah kepada seluruh siswa/siswi untuk menunjukan kreatifitas dan prestasi yang dimilikinya.

Tak hanya itu saja, lomba Paskibraka ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu ajang silaturahmi untuk seluruh peserta Paskibraka yang ada di wilayah Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat.

Selain itu, lomba ini dapat digunakan sebagai salah satu temeng, agar para pemudanya tidak lagi terjerumus dalam kenakalan remaja yang saat ini semangkin memprihatinkan.

“Dengan adanya lomba ini, diharapkan generasi muda akan lebih menghabiskan sebahagian besar waktunya untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan kearah yang positif. Lomba ini juga akan menumbuhkan semangat patriotisme, karena karena para pendahulu kitaberkorban jiwa dan raga untuk merebut kemerdekaan ini,”kata Hadi.

Ditambahkan Hadi, kepada seluruh peserta yang nantinya akan melaksanakan serangkaian lomba ini, diharapkan mampu  bertindak sportif. Sehingga pada akhirnya lomba ini akan dapat berlangsung lancar.

Sementara Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Dairi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Dandim 0206/Dairi  atas inisiatif yang dilakukan, prakarsa yang diambil untuk pelaksanaan lomba ini.

“Saya percaya lomba seperti ini akan terus menggelorakan semangat dan kesatuan kita sebagai pitra dan putri Indonesia yang ditugaskan oleh para pendahulu kita untuk membangun negara yang kita cintai ini dimapun berada,”kata Eddy.

Peserta lomba Paskibraka sedang menunjukan kebolehannya.

Disebutkannya,  adik-adik Paskibraka harus berbangga, karena dari begitu banyak siswa/siswi yang mendaftar adik-adik dapat terpilih. Pembekalan yang diberikan Angkatan Darat (AD) merupakan yang terbaik di Indonesa. Stelah mendapat pembekalan lalu diberi kehormatan untuk menjadi unsur penting dalam upacara yang sangat sakral bagi bangsa Indonesia ini didetik-detik peringatan proklamasi nantinya.

“Ini suatu prestasi yang perlu anda catat dalam hidup ini, bahwa pada tanggal 17 Agustus  adik-adik adalah pengibar bendera pusaka di kecamatan masing-masing. Saya yakin adik-adik Paskibraka yang terpilih ini nantinya akan menjadi orang-orang penting dalam masyarakat,”sebut Eddy. (fajar)