Tok..! MK Tolak Permohonan PDIP Terkait PSU Di Dapil Dairi 3 Tanah Pinem

33
Asih Firmansyah Solin Devisi Teknis KPU Dairi.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan PDIP terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Legislatif (Pileg) Pemilu 2019 di TPS II dan TPS III Desa Pasir Mbelang, serta TPS III Desa Lau Njuhar  di Daerah Pemilihan (Dapil) Dairi 3 Kecamatan Tanah Pinem.

Amar putusan penolakan permohonan pemohon untuk seluruhnya tersebut, dibacakan Hakim MK, Dr. Manahan M Sitompul SH, M.Hum di ruang sidang MK yang berlangsung, Jumat (8/9/19).

Menanggapai putusan MK tersebut, Ketua KPU Dairi Freddy melalui Devisi Teknis Asih Firansyah Solin kepada Wartawan, Senin (12/8/19) menjelaskan,  sesuai peraturan KPU tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelengaraan Pemilu yang menjadwalkan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi/DPR Aceh dan DPRD Kabupaten/kota.

Paling lama 5 hari setelah salinan penetapan atau putusan MK diterima oleh KPU, batas 5 hari dihitung sejak putusan MK tersebut diunggah di Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum(JDIH) KPU. Maka akan dilakukan rapat pleno perolehan kursi Partai Politik (Parpol) dan penetapan caleg terpilih.

“Jadi, Selasa (13/8/19) akan dilakukan rapat pleno penetapan di Gedung Balai Karina, jalan Empat Lima Sidikalang. Untuk undangan telah kami bagikan,”terang Asih. (gun’s)