Truk Masuk Jurang Sungai Di Tigalingga, Supir Dan Kernet Luka Lecet

240
Mobil truk saat berada di jurang sungai.

DAIRI, Tigalingga-dibaktinews.com

Diduga tidak kuat nanjak dan rem blong, Mobil Truk Mitsubishi Fuso masuk kedalam jurang sungai di jalan lintas Sidikalang-Tigalingga, Dusun Sumbul Karo, Desa Palding, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, Jumat (9/8/19) siang jam 13.30 WIB.

Dalam kejadian itu, supir truk fuso, Kasdiwata (45) dan Kernetnya, Sudirman (43) keduanya warga Dusun IV, Desa Bah Sumbu, Kodya Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai hanya mengalami luka ringan.

Kecelakaan tersebut, menurut keterangan Kanit Lakalantas Polres Dairi, Bripka Poltak Aritonang berawal, saat mobil truk BK 9754 SE bermuatan 25 drum bahan kimia jenis Maestrox untuk campuran Hotmix yang dikemudikan, Kasdiwata datang dari tebing tinggi menuju lokasi PLTMH Lau Gunung di Kecamatan Tanah Pinem.

Namun sesampainya di Desa Palding yang mana kondisi jalannya sedikit menanjak dan menikung ke kiri, diduga mobil truk tidak kuat menanjak dan roda ban mengalami panas.

Sehingga pada saat akan memindahkan perseneling  saat rem di injak tidak berfungsi alias blong. Hal itu menyebabkan mobil truk yang bermuatan berat langsung mundur dan masuk ke dalam jurang sungai sedalam kurang lebih 20 meter yang berada di sebelah kanan jalan.

“Sebelum jatuh ke jurang, kernet sempat melompat, sedangkan supir ikut masuk kejurang sungai bersama mobil truknya,”terang Poltak.

Ditambahkan Poltak, Supir dan kernet mobbil truk sudah diamankan di Polres Dairi untuk dimintai keterangan. Sedangkan truk dan muatannya masih berda di jurang sungai.

Sementara Supir truk Kasdiwata ketika ditemui wartawan menceritakan, kalau muatan bahan kimia sebanyak 25 drum dibawanya dari Jakarta. Sebelum menuju ke Dairi mereka terlebih dahulu singgah ke rumahnya di Tebing Tinggi.

Mobil truk terlihat dari atas jurang di jalan Sidikalang-Tigalingga.

Selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan mengajak teman sekampungnya sebagai kernetnya untuk menemani. Tapi naas sebelum sampai lokasi tujuan mobil truk yang dikemudikannya mengalami kecelakaan.

“Tadi waktu sampai ditanjakan, tiba-tiba rem mobil tidak berfungsi, karena muatan berat mobil truk yang saya kemudikan langsung mundur dan masuk kejurang,”ungkapnya. (junitha)