Dandim 0206/Dairi Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

262
Dandim 0206/Dairi canangkan Desa Bersinar.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Maraknya peredaran narkoba hingga ke pelosok desa, membuat Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH ikut prihatin dan turun langsung ke desa mengajak masyarakat untuk ikut memeranginya dengan mencanangkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

Seperti kegiatan yang dilaksanakan pada, Jumat (19/7/19) di Desa Belang Malum, Kecamatan Sidikalang. Dalam kesempatan itu Dandim berkeinginan Desa Belang Malum menjadi desa percontohan bebas narkoba, karena dilihat dari masyarakatnya sangat semanagat memerangi narkoba.

“Tujuan kita membuat Desa Bersinar sebagai bentuk keprihatinan, karena Indonesia sekarang sudah dalam taraf darurat narkoba,”kata Hadi.

Disebutkannya, ini merupakan salah satu tugas TNI yang paling berat dalam menghadapi perang modern (Proxy War) khususnya narkoba. Untuk itu perlu kerjasama dari semua pihak terutama kepolisian dalam rangka mensosialisasikan memerangi bahaya narkoba.

“Ini tidak hanya selogan saja, tapi perlu tindakan yang nyata dari kita semua kedepannya,”tegasnya.

Selanjutnya Kasat Narkoba Polres Dairi,  AKP Robinson Ginting menyampaikan, rasa terimakasih kepada Dandim 0206/Dairi yang peduli dan semangatnya untuk ikut memerangi narkoba.

“Kami tetap mendukung dan berharap Desa Belang Malum ini bisa menjadi contoh bagi desa lain dalam memerangi narkoba,”ucap Robinson.

Menurutnya, untuk tahun 2019 ini, Sat Narkoba sudah menagani 72 kasus narkoba dan untuk sekarang ini belum ada masyarakat dari Desa Belang Malum yang tersangkut masalah narkoba.

“Kami berharap Babinsa dan Babinkamtibmas serta masyarakat bisa menjadi garda terdepan dalam pencegahan peredaran narkoba,”ungkapnya.

Dandim 0206/Dairi memberikan sambutan pada acara pencanagan desa bebas narkoba.

Sementara Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu yang hadir dalam kesempatan tersebut, sangat mengapresiasi dan menyambut baik apa yang telah dicanangkan Dandim dalam memerangi bahaya narkoba di Kabupaten Dairi.

“Saya ancungkan jempol buat pak Dandim atas kepeduliannnya memerangi bahaya narkoba, karena narkoba musuh kita bersama bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Dairi,”kata Eddy.

Masalah narkoba merupakan tugas bersama antara pemerintah, penegak hukum dan masyarakat untuk mencegah dan memeranginya. Jangan berbangga hati dulu kalau di desa ini belum ada yang terjerat narkoba. Organisasi Kepemudaan (OKP) juga harus bisa memberi contoh kepada generasi muda dalam hal mencegah peredaran narkoba.

“Kejayaan negara kita akan hancur apabila narkoba sudah merambah ke generasi muda kita. Semoga tekat kita dalam memerangi narkoba ini bisa tercapai,”Sebut Eddy.

Kegiatan tersebut juga dihadiri, Kasdim 0206/Dairi Mayor Inf Danial Pandia, Kapolsek Kota Sidikalang AKP Jokner Malau, Camat Sidikalang Agel Siregar,  Kepala Desa Belang Malum Sehat Hutauruk, Ketua FKPPI Dairi Bobby Rahman Manik, Ketua PPM Dairi Tagor Napitupulu, Ketua Pemuda Pancasila, Selamat Ujung, Ketua Persik KCK Kodim 0206/Dairi, Ketua PKK Kabupaten Dairi dan masyarakat. (fajar)