Pembacokan Mantan Polisi Dan Keluarganya Dirancang 3 Bulan

497
Rekontruksi penyerangan mantan anggota Polisi dan keluarganya.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Penyerangan dan pembacokan mantan anggota Polisi dan keluarganya di Dusun Lau Kersik, Desa Bukit Lau Kersik, Kecamatan Gunung Sitember beberapa waktu yang lalu dirancang 3 bulan sebelumnya oleh para tersangka.

Hal itu terungkap dari hasil Rekontruksi oleh personil Sat Reskrim di halaman Mapolres Dairi, Rabu (17/7/19) jam 13.00 WIB. Dengan menghadirkan 9 orang tersangka.

Dari rekontruksi yang terdiri dari 75 adegan, diketahui sebagai penyandang dana dan otak pelaku utama, Serikat Tarigan (65) warga Simpang Selayang, Medan Tuntungan. Karena sakit hati dia menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi nyawa korban dengan imbalan Rp. 50.000.000.

Sebagai pelaku eksekutar, yakni Wagino (46) warga setia Budi Medan, Bambang Hartanto (52) Warga Tenggulun, Aceh Tamiang, Bonansa Siagian (26) warga Medan Amplas, Boyma Sitinjak (21) warga Medan Selayang, Joni Ginting (40) warga Batang Sarangan, Langkat.

Tersangka sebagai penyedia angkutan, yakni Masa Tarigan (61) warga Bukit lau Kersik, Gunung Sitember Dairi, Apit Udin Barus (52) Gunung Sitember Dairi, dan Arifin Barus (41) warga Lau Kersik Gunung Sitember Dairi.

Jalannya pelaksanaan rekontruksi penyerangan dan pembacokan mantan anggota Polisi dan keluarganya.

Kapolres Dairi, AKBP Erwin Wijaya Siahaan SIK melalui Kasubag Humas, Ipda Doni Saleh menjelaskan, kegiatan rekontruksi ini dilaksanakan oleh penyidik Sat Reskrim Polres Dairi dan Jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Dairi.

“Rekontruksi untuk memperjelas peran para tersangka A dan B saat melakukan tindak pidana dimaksud yang diperagakan secara langsung dalam gerakan nyata. Agar saat proses persidangan di gelar di Pengadilan Negeri nantinya, para tersangka tidak berkelit lagi dengan apa peran yang dilakukan masing-masing,”kata Doni

Tersangka saat memperagakan pembacokan di dalam rumah korban.

Disebutkan Doni, peristiwa penyerangan dan pembacokan yang terjadi kepada mantan anggota Polisi, Bangkit Sembiring dan istrinya, Ristani br Samosir serta anaknya, Maria Keke br Sembiring, Abraham Sembiring dan Semangat Sembiring, terjadi pada, Jumat (31/6/19) lalu.

“Mengakibatkan korban Bangkit Sembiring, istrinya dan anaknya Abrahanm sembiring mengalami luka berat dan harus dirawat di rumah Sakit,”terang Doni.

Kegiatan Rekontruksi disaksikan dan dihadiri langsung Kapolres Dairi, AKBP Erwin Wijaya Siahaan SIK, Wakapolres Dairi Kompol Togu Matanari, Kabag Ops, Kasat Reskrim, KBO Sat Reskrim, Kanit Resum, Kanit Tipiter, Kanit Ekonomi, Jaksa Penuntut Umum David Pangaribuan SH dan William Simanjuntak SH, Irawat SH selaku penasehat hukum dari kesembilan tersangka. Serta keluarga korban. (yy)