Perbukitan Danau Toba Silahisabungan Terbakar

476
Kawsan perbukitan danau toba Silahisabungan yang hangus terbakar.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Perbukitan Danau Toba di Dusun Aek Pokki, Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Minggu (16/6/19) siang jam 11.00 terbakar. Akibatnya sekitar 10 hektar areal perbukitan yang masih berada dikawasn hutan lindung Lae Pondom terlihat hangus.

“Saat ini api sudah dapat dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran hutan Manggala Agni Sibolangit dari Provinsi Sumut yang diturunkan di lokasi kebakaran dan dibantu personil Babinsa Koramil 01/Sumbul dan Babinkamtibmas Polsek Sumbul ,”kata petugas kapos Kecamatan Silahisabungan Polsek Sumbul, Aiptu Nahot Munthe kepada wartawan, Senin (17/6/19).

Disebutkan Nahot, api penyebab kebakaran untuk sementara diduga dari pembakaran lahan pertanian milik warga sekitar yang kemudian menjalar keperbukitan.

“Karena cuaca pada saat ini kemarau dan angin kencang, api dengan cepat membakar tumbuhan semak dan lalang yang mengering di areal perbukitan,”ujarnya.

Petugas pemadam kebakaran hutan Manggala Agni dibantu Babinsa dan Babinkamtibmas memadamkan api.

Bona Pintu Batu salah seorang warga sekitar kepada wartawan mengatakan, kalau kebakaran hutan diperbukitan danau toba di Kecamatan Silahisabungan  kerap terjadi setiap tahunnya.

“Setiap musim kemarau kawasan perbukitan ini sering terbakar, penyebabnya kadang dari api putung rokok yang dibuang sembarangan atau pembakaran semak-semak di lahan pertanian milik warga,”ungkap Bona. (gun’s)