Keluarga Besar Kodim 0206/Dairi Menggelar Halal Bihalal

234
Dandim bersalaman dengan Kasdim

DAIRI,Sidikalang-dibaktinews.com

Keluarga besar Kodim 0206/Dairi menggelar halal bihalal hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Acara yang dipimpin langsung Dandim, Letkol Arh Hadi Purwanto SH bersama seluruh anggota dan Persit KCK Cabang XLII dilaksanakan di lapangan upacara Makodim 0206/Dairi, jalan Gereja, Kecamatan Sidikalang, Kamis (13/6/19).

Kegiatan yang diawali dengan pengecekan anggota dan arahan dari Dandim dilanjutkan dengan acara bersalam-salaman. Pada kesempatan itu Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH didampingi, Ny Yeny Hadi Purwanto menerima jabat tangan seluruh anggota Kodim dan Persit KCK, serta tamu undangan dari PPM dan FKPPI.

Dalam sambutannya Dandim 0206/Dairi mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah kepada seluruh anggota dan Persit KCK mohon maaf lahir dan batin.

“Saya selaku pribadi dan keluarga mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada perkataan maupun perbuatan dari saya yang mungkin menyinggung perasaan saudara-saudara sekalian. Pada dasarnya tidak ada niat untuk menyakiti, karena perintah tugas sehingga saya kadang bicaranya agak keras,”ucap Hadi.

Disebutkannya, hari Raya Idul Fitri atau sering juga disebut Lebaran merupakan hari besar umat islam. Suatu perayaan yang dilaksanakan selesai menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan atas pelaksanaan puasa menahan dari lapar dan haus dan juga menahan maksiat, amarah dan perbuatan-perbuatan terlarang lainnya.

“Jadi selama puasa kita telah melatih diri kita untuk meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh agama dan bagi yang berhasil kita telah merayakan kemenangan itu di hari raya Idul Fitri,”ungkapnya

Menurut agama islam, Idul Fitri ini artinya kembali suci, seperti anak yang belum ada dosa. Jadi selama latihan satu bulan penuh, diharpkan semuanya bisa seperi itu.

“Yang masih melakukan hal-hal tidak baik dan benar untuk agama dan aturan di kemiliteran, agar ditinggalkan. Pada hari ini benar-benarlah kita pada kondisi yang suci,”ujarnya.

Dandim memberikan arahan kepada anggota Kodim 0206/Dairi

Lebih lanjut Hadi menyanpaikan, perkembangan situasi politik belakangan ini secara nasional bila dilihat dari media, baik itu media cetak maupun media online dan televisi banyak sorotan terhadap TNI.

“Inilah ujian bagi kita dan mari kita tunjukan eksitensi kita sebagai anggota TNI,”tegasnya.

Usai kegiatan, acara dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama dan hiburan.(fajar)