Bupati Minta Dukungan DPRD Sumut Wujukan Dairi Unggul

176
DPRD Sumut kunjungi Pemkab Dairi

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi mendapat kunjungan anggota DPRD  Provinsi Sumut yang dipimpin oleh, Siti Aminah Parangin-angin yang menjabat seketaris komisi E bersama anggota komisi B Toni Togatorop dan anggota komisi D Leonard Surungan Samosir.

Kunjungan yang bertujuan untuk membahas anggaran dana yang bersumber dari APBD Provinsi tahun 2018 diterima langsung Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Sekda Sebastianus Tinambunan serta pimpinan OPD bertempat di ruang rapat Wakil Bupati Dairi, jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Rabu (12/6/19).

Pada kesempatan itu, Siti Aminah Parangin-angin  mengatakan, kunjungan yang dilakukan merupakan tugas rutin yang dilakukan anggota DPRD Provinsi Sumut sesuai amanat undang-undang No. 38.

Selain itu untuk menyerap aspirasi masyarakat dan Pemkab Dairi, serta memastikan anggaran yang sudah keluar apakah telah dilaksanakan sesuai peruntukannya.

“Jadi nanti apa yang kami butuhkan terhadap anggaran yang telah dikeluarkan dan digunakan tolong jangan ditutup-tutupi,”ujarnya.

Pimpinan Pemkab Dairi merupakan mitra kerja yang fungsinya sebagai pengawas tambahan. Sehingga kedepannya tidak ada lagi dana anggaran silpa dari Pemerintah Provinsi Sumut dan diharapkan adanya kordinasi antara DPRD Provinsi Sumut dengan Pemkab Dairi.

“Dengan demikian tercipta sinergitas, sesuai nawacita Presiden Joko Widodo, membangun dari desa ke kota,”ucap Siti.

Sementara Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu meminta kepada pimpinan OPD dapat memberikan informasi kepada anggota DPRD Provinsi, agar dapat dicocokan untuk mencapai sasaran yang dibutuhkan.

Saat ini Pemkab Dairi sedang dalam proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sehingga diharapkan anggota DPRD Provinsi bisa memberikan dukungan terhadap program-program yang disusun.

“Kami berharap bisa mendapatkan dukungan anggaran dan politik, sehingga dapat membangun Kabupaten Dairi menjadi lebih baik lagi,”kata Eddy.

Disebutkan Eddy, Kabupaten Dairi memiliki kekuatan pada sektor pertanian, kesehatan dan parawisata. Dimana kekuatan itu akan difokuskan untuk 5 tahun kedepan, serta harapan masyarakat tehadap pelayanan publik akan dikembalikan. Sehingga pelayanan publik bisa lebih baik kedepannya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Provinsi yang telah begitu gigih  menyatukan kekuatan eksekutif anatara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten,”ungkapnya.

Eddy juga menyampaikan beberapa hal tekait target capaian Kabupaten Dairi kedepan, dimana saat ini Pemkab Dairi sedang menyusun RPJMD untuk 5 tahun kedepan, seperti membangun jalur jalan dari dari Merek ke Sidikalang dan dari Kecamatan Silalahi ke Sidikalang dimohon menjadi 2 jalur. Dan memindahkan RSUD Sidikalang di tempat yang lebih setrategis, revitalisasi pasar Sidikalang dan pengembangan daerah wisata danau sicike-cike.

“Kami mohon kepada anggota DPRD Provinsi untuk menyuarakan hal ini saat pertemuan-pertemuan di pemerintah pusat, agar mendapat dukungan untuk Kabupaten Dairi yang lebih baik dan unggul. Melalui OPD kami juga meminta dalam menyusun anggaran Pemkab Dairi agar mensinergikan dengan program pemerintah provinsi dan pusat,”pungkasnya (fajar)