Jalan Kabupaten Dairi Menuju Desa Rante Besi Rusak Parah

146
Kondisi jalan penghubung Desa Lau Tawar dan Rante Besi yang rusak parah dan licin.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Kondisi jalan Kabupaten menuju Desa Rante Besi, Kecamatan Gunung Sitember Kabupaten Dairi kondisinya rusak parah. Meski sudah lama dikeluhkan warga, namun hingga sekarang tidak juga kunjung dilakukan perbaikan.

Akibat kerusakan jalan, pengangkutan hasil pertanian menjadi terganngu dan warga yang akan melintas di jalan tersebut terpaksa harus berhati-hati untuk menghindari terjadinya kecelakaan khususnya pada saat kondisi cuaca hujan.

“Kondisi jalannya menurun dan licin, sehingga sangat berbaya bila dilalui kendaraan roda dua dan roda empat saat cuaca hujan,karena air yang mengalir di badan jalan membawa material batu dan lumpur,”kata Marga Sinulingga, Senin (27/5/19)

Selain itu jika hujan deras turun jembatan yang berada dibawah jalan yang rusak digenangi dan dipenuhi air dan lumpur. Sehingga kondisi jalan menyerupai kolam.

“Kondisi ini sudah berlangsung lama lebih kurang sekitar 5 tahunan, pun demikian sepertinya Pemerintah Dairi tidak pernah peduli dengan keluhan masyarakat,”ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Yuli Tarigan, menurutnya jalan yang kondisinya rusak merupakan jalan penghubung terdekat dua desa di dua kecamatan, yakni Desa Rante Besi Kecamatan Gunung Sitember dan Desa Lau Tawar Kecamatan Tanah Pinem.

“Bila kondisi cuaca hujan jalan sangat membahayakan untuk dilalui, sehingga warga Desa Rante Besi yang akan menuju Desa Lau Tawar terpaksa memutar jauh melalui jalan lain yang dekat dengan Kecamatan Tigalingga, begitu juga sebaliknya”terangnya.

Jembatan yang dipenuhi air dan lumpur jika hujan turun.

Kepada wartawan, kedua warga tersebut berharap pemerintah Dairi melalui Dinas terkait hendaknya bisa segera melakukan perbaikan secepatnya sebelum kerusakan jalan lebih parah lagi dan memakan korban jiwa. (fajar)