Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Dairi Selesai

609
Penandatanganan hasil Rekapitulasi Pemilu 2019

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di Kabupaten selesai. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari di gedung Balai Budaya Pemkab Dairi, jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang  berlanju ke rapat pleno tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Penutupan rapat pleno, Minggu (5/5/19) ditandai dengan penandatanganan berita acara hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019, Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) oleh Komisioner KPU Dairi dan saksi partai politik.

Penandatangan hasi rekapitulasi dihadiri dan disaksikan, Ketua Bawaslu Dairi, Jadi Surirang Berutu dan anggota Pandapotan Rajagukguk dan Maimanah Angkat, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto, Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan SIK.

“Rapat pleno tingkat kabupaten telah selesai dilaksanakan dan kita telah membacakan hasil rekapitulasi dari 15 kecamatan yang ada dikabupaten Dairi. Selesai ini kita akan melanjutkan dan membawanya ke rapat pleno tingkat provinsi,”kata Freddy Ketua KPU Dairi.

Saat ditanya lamanya waktu pelaksanaan rapat pleno hingga 4 hari, Freddy menjelaskan, lamanya rekapitulasi dikarenakan adanya dinamikan di proses pleno dan pihak KPU harus menjawab semua sanggahan atau klarifikasi dari para saksi  dan Bawaslu.

“Itu yang membuat dinamika dari rapat peno rekapitulasi ini sampai memakan waktu 4 hari,”sebut Freddy.

Terkait adanya permasalahan yang timbul selama pelaksanaan Pemilu yang kemungkinan sampai kejalur hukum di Mahkamah Konstitusi (MK), Freddy mengatakan, untuk sementara pihak KPU Dairi belum ada menerima terkait hal tersebut.

“Mengenai semua sanggahan kita sudah klarifikasikan di rapat pleno ini, walaupun beberapa partai politik melalui saksinya  ada memberikan catatan  kejadian khusus  saat pelaksanaan pleno. Jadi untuk saat ini belum ada untuk proses ke sana, mudah-mudahan tidak ada,”ungkapnya. (elyana)