KPU Dairi Gelar Deklarasi Pemilu Damai

310
KPU Dairi bersama Bawaslu, perwakilan Parpol dan OPD melakukan pelepasan burung merpati sebagai simbol pelaksanaan Pemilu Damai.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Untuk menciptakan  Pemilu yang aman dan kondusif, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi menggelar kegiatan deklarasi Pemilu Damai. Acara dipusatkan di halaman Gedung Nasional Djauli Manik, jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Minggu (7/4/19).

Kegiatan yang ditandai dengan pembacaan dan penandatangan kesepakatan deklarasi Pemilu damai, serta pelepasan burung merpati tersebut, dihadiri seluruh komisioner KPU dan Staff, Bawaslu Dairi, OPD, Pimpinan Parpol, Perwakilan Pemilih pemula dari berbagai sekolah Ormas, OKP dan tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Dairi, Sudiarman Manik dalam sambutannya mengatakan, dengan pelaksanaan  deklarasi Pemilu damai ini, diharapkan pelaksanaan Pemilu khususnya di Kabupaten Dairi nantinya dapat berjalan sukses, aman, damai dan terkendali.

“Kami berkeinginan dan berharap, agar semua yang hadir disini bisa ikut berpartisipasi dan ramai-ramai datang ke TPS untuk melaksanakan pemilihan dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019 nanti,”kata Sudiarman.

Disebutkannya, bagi masyarakat yang belum terdaftar di DPT, silahkan datang ke KPU. Masih ada waktu sampai 10 April 2019 untuk memasukan bagi masyarakat yang belum terdaftar tapi memiliki e-KTP untuk didaftar menjadi pemilih khusus.

“Bagi yang ingin pindah memilih, karena sesuatu hal. Juga dipersilahkan datang ke KPU membawa e-KTP, agar bisa diberikan surat pindah memilih. Sehingga hak suara kita dapat digunakan dan bermanfaat untuk bangsa dan negara yang kita cintai ini,”ungkap Sudiarman.

Selanjutnya Ketua Bawaslu Dairi, Jadi Surirang Berutu menyampaikan afresiasi atas kegiatan yang dilakukan KPU, baik itu dari tingkat nasional sampai tingkat kabupaten.

“Harapan kita pada 17 Apri 2019 nanti, sebelum dan sesudah pemilihan Indonesia tetap aman, damai dan sejuk,”ucapnya.

Sementara Assisten II, Ramlan Sitohang yang mewakili Bupati Dairi menyebutkan, bahwa Pemerintah Dairi sangat mendukung segala aktifitas yang dilakukan KPU Dairi dalam rangka melaksanakan semua tahapan Pemilu 2019. Sehingga pelaksanaan  Pilpres dan Pileg dapat berjalan baik, lancar dan aman.

Menurutnya, dengan kegiatan yang dilaksanakan hari ini, semua masyarakat Dairi mempunyai tanggungjawab yang sama untuk mengampanyekan Pemilu damai sampai kepelosok desa, dengan cara dan gaya mereka sendiri-sendiri.

“Jadi intinya, pada 17 April 2019 nanti, no golput. Datang ke TPS coblos pilihan sesuai hati nurani masing-masing. Siapapun Presiden yang terpilih nanti itulah Presiden kita dan siapapun caleg DPR dan DPD yang terpilih itu lah wakit rakyat kita semua”,pungkasnya.

Pantauan wartawan, sebelum pelaksanaan deklarasi Pemilu damai, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan jalan santai yang diikuti seluruh undangan. Dengan mengambil rute dari jalan Sisingamangaraja depan Gedung Nasional Djauli Manik berkeliling ke jalan Ahmad Yani dan kembali lagi dijalan Sisingamangaraja dan finish di depan Gedung Nasional.(gun’s)