KPU Dairi Bersama Bawaslu Satukan Persepsi

536
Bimtek terpadu KPU bersama Bawsalu Dairi di Hotel Mutiara jalan Parluasan Sidikalang

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Untuk menyatukan persepsi jelang Pemilu 2019, KPU Dairi bersama Bawaslu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terpadu pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Dairi

Kegiatan dilaksanakan di aula Hotel Mutiara, Jalan Parluasan Kecamatan Sidikalang, Senin (1/4/19) dibuka langsung Ketua KPU Dairi Sudiarman Manik didampingi devisi Hukum Veryanto Sitohang, Devisi Teknis Freddy, Devisi Program dan Data Hartono Maha dan Devisi Parmas dan SDM Jenny Ester Pandiangan.

Sedangkan dari Bawaslu Dairi Dihadiri, Maimanah boru Angkat dari devisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga (PHL) yang juga sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut.

Usai kegiatan, komosioner KPU dari devisi Teknis, Freddy menyampaikan, Bintek yang dilakukan ini bertujuan, untuk menyatuka persepsi terkait dengan proses pemungutan dan penghitungan suara ditingkat KPPS yang akan dilakukan pada, 17 April 2019 yang akan datang.

“Jadi melalui kegiatan ini nantinya PPK bisa membintek PPS dan KPPS, karena Bimteknya berjenjang, merekalah nanti yang melakukan bimteknya. Dan Panwascam nantinya juga akan melakukan Bimteknya kepada Panwas Desa dan Panwas TPS,”kata Freddy.

Kegiatan ini juga menurut, Freddy untuk menindaklanjuti keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru. Dimana penghitungan surat suara di TPS jika tidak selesai pada hari yang sama bisa dilanjutkan 12 jam setelah bergantinya hari atau  sampai tanggal 18 April 2019 selambat-lambatnya pukul 12 siang. Tanpa henti dan jedah diantara penghitungan suara.

“Di Bimtek terpadu ini kita juga diminta menyatukan persepsi untuk mensukseskan Pemilu pada 17 April 2019 untuk tingkat Kabupaten Dairi,”sebut Freddy.

Sementara Maimanah Angkat mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini, Bawaslu Dairi bertugas mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu dari proses pendaftaran hingga rekapitusai penghitungan surat suara, serta pengawasan penyaluran logistik keperluan pemilu.

“Semua kegiatan dalam pelaksanaan Pemilu nanti tidak terlepas dari pengawasan Bawaslu dan dalam pelaksanaan tentunya selalu berkoordinasi dengan KPU Dairi,”terangnya. (gun’s)