Kadis Perindag Dairi Buka MTQ Ke XLIV

623
Rahmadsyah Munthe melakukan pemukulan gong tanda dimulainnya MTQ ke-XLIV tingkat Kabupaten Dairi

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Bupati Dairi, KRA Johnny Sitohang Adinegoro diwakili Kadis Perindag, Rahmadsyah Munthe secara resmi membuka acara Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) Ke-XLIV tingkat Kabupaten. Bertempat Desa Bintang Mersada, Kecamatan Sidikalang, Kamis (28/3/19).

Acara pembukaan yang berlangsung meriah dihadiri, Ketua Pangdilan Sidikalang Afrizal Hadi, Anggota DPRD Dairi Jono Pasi, Kakanmenag Saidup Kudadiri, Ketua LPTQ Wahlin Munthe, Tokoh agama, Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Mengawali sambutan Ketua LPTQ Dairi, Wahlin Munthe meyampaikan, bahwa kegiatan MTQ Kabupaten Dairi dilaksanakan secara berkelanjutan, dimulai dari tingkat kecamatan sampai kabupaten. MTQ tingkat Kabupaten ini akan dilaksanakan selama 3 hari dan akan ditutup pada hari, Sabtu (30/3/19).

“MTQ ini merupakan agenda pemerintah dan LPTQ, jadi dengan adanya kegiatan ini nantinya bisa berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi. Karena pemenang pada MTQ ini akan dibawa ke Kota Tebing Tinggi mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara pada, 9 April 2019,”ungkap Wahlin.

Menurut Wahlin, LPTQ Dairi akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk membumikan alquran, agar akhlak generasi melenial umat muslim nantinya bersumber dan berazas dari alquran.

“Sehingga kedepan kita bisa damai dan tentram tanpa ada cacat, kita bisa bersatu dan berdampingan hidup baik itu sesama umat muslim maupun dengan umat lainnya,”sebutnya.

Sementara, Rahmadsyah Munthe menyebutkan, bahwa MTQ di Kabupaten Dairi telah dilaksanakan sebanyak 44 kali. Alhamdulilah MTQ telah menunjukan terlaksananya ukuwah islamiyah, ukuwah sesama manusia dan bernegara.

“Ini menunjukan bahwa pelaksanaan MTQ tidak hanya didukung oleh umat muslim, namun juga dudukung oleh saudara-saudara kita di luar muslim,”ucap Rahmatsyah.

Menurutnya, MTQ tidak hanya tempat bertemunya orang-orang dewasa, tetapi juga anak-anak hingga orang tua. Ini bukti bahwasannya pelaksanaan MTQ di Dairi telah berhasil sebagai rahmatan lil alamin dan menunjukan bahwa umat muslim tetap mendukung pembangunan di Kabupaten Dairi.

“Alquran merupakan mukjijat dari Allah, karena isinya relepan dengan kemajuan jaman dan kemurniannya tetap terjaga. Apa yang dibaca Rasullullah dahulu itulah yang kita baca hari ini,”jelasnya.

Diakhir sambutannya, Rahmadsyah berharap MTQ dapat terlaksana dengan baik dan mampu menghasilkan qori dan qoriah. Terutama dapat memberikan makna bagi umat muslim di Kabupaten Dairi untuk lebih dekat dengan alquran.

“Mewakili Bupati, saya mohon maaf bila Pemkab Dairi belum maksimal dalam mendukung pelaksanaan MTQ ini,”ungkapnya.

Pantauan awak media, usai memberikan kata sambutan, Rahmadsyah Munthe yang mewakili Bupati Dairi, secara resmi membuka kegiatan MTQ ke-XLIV. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan diiringi dengan pemukulan bedug.(ss)