KPU Dairi Lakukan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019

247
Pelipatan surat suara Pemilu 2019

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi kembali melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2019 yang sebelumnya sempat tertunda. Kegiatan itu dilaksanakan di gedung Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI Al-Ikhlas) Sidikalang, jalan  Mesjid, Sabtu (23/2/19).

Pelipatan surat suara ini sekaligus untuk penyortiran suarat suara yang rusak dan salah cetak. Dalam kegiatan ini KPU Dairi melibatkan sekitar seratus lebih mahasiswa dari kampus STAI Al Ikhlas Sidikalang.

Devisi Program dan Data KPU Dairi, Hartono Maha menjelaskan, pelipatan surat suara Pemilu 2019 sebelumnya telah dilaksanakan di gedung Balai Budaya Pemkab Dairi, jalan SM Raja, Sidikalang.

Namun ditunda karena melibatkan pelajar SMU/SMK, dimana pelajar ini tidak bisa dalam waktu lama melakukan penyortiran dan pelipatan.

“Selain itu kita juga mendapat surat rekomendasi dari Bawaslu Dairi terkait hal tersebut.  Baru sekarang bisa kita lanjutkan penyortiran dan pelipatan surat suara kembali,”kata Hartono.

Disebutkan Hartono, untuk pelipatan kertas suara yang dilakukan sekarang ini masih surat suara DPR Provinsi. Setelah itu akan dilanjutkan dengan surat suara lainnya yang telah masuk di KPU Dairi.

“Saat ini surat suara yang telah masuk ke KPU Dairi, surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI. Jadi saat ini kita masih melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPRD Provinsi,”ucap Hartono.

Untuk surat suara yang akan dilakukan pelipatan sesuai jumlah DPT 197.436 lembar ditambah 2 persen. Total surat suara keseluruhan yang akan dilakukan pelipatan berjumlah 201.813 lembar.

“Jadi jumlah surat suara untuk DPRD Kabupaten dan DPR RI yang nantinya akan dilakukan pelipatan jumlah juga sama,”sebut Hartono.

Menurut Hartono, untuk pelipatan kertas suara ini akan ditargetkan secepatnya selesai, karena lebih cepat lebih baik.

“Kita targetkan 2 minggu penyortiran dan pelipatan surat suara  sudah selesai semuanya,”pungkasnya.(gun’s)