Kapolda Sumut Temu Ramah Dengan Masyarakat Kabupaten Dairi

578
Kapolda Sumut foto bersama Kapolres Dairi dan masyarakat.

DAIRI,Sidikalang-dibaktinews.com

Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto, SH, MH dan rombongan melakukan temu ramah dengan masyarakat Kabupaten Dairi. Kegiatan dilaksanakan di halaman Pusat Pasar Sidikalang, Jumat (18/1/19).

Kegitan tersebut dihadiri, Forkomfinda, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Toko Adat, Tokoh Pemuda, OKP, Komunitas abang becak dan Pedagang pusat pasar.

Dikesempatan itu, Agus bercerita bahwa dirinya pernah bertugas di Polres Dairi pada tahun 1990, yakni sebagai Kapolsek Di Kecamatan Tigalingga dan Kecamatn Sumbul.

“Jadi kunjungan ini, selain untuk mengecek kesiapan anggota di Polres Dairi menjelang Pemilu 2019 mendatang, juga sekaligus untuk nostalgia dengan teman-teman dulu sewaktu saya tugas di Polres Dairi,”kata Agus.

Menurutnya Kabupaten Dairi sangat luar biasa, selain udaranya sejuk masyarakatnya juga ramah-ramah makanya sudah lama ia ingin datang ke Dairi, dan itu baru bisa terlaksana sekarang ini.

“Sejak menjadi Wakapolda Sumut saya pingin datang ke Dairi, Namun baru bisa terlaksana setelah saya menjabat sebagai Kapolda Sumut baru bisa terwujud,”ungkapnya.

Menurut Agus, tugas Polisi itu untuk menagani masalah sejak sebelum masalah itu terjadi. Ada preemtif dan preventif serta penegakan hukum, Kalau bisa penegakan hukum ini digunakan yang paling belakang. Karena sekarang ini  75 persen penghuni lapas adalah pengguna narkoba.

Kalau bisa sedini mungkin permasalahan yang muncul dimasyarakat bisa diselesaikan melalui pendekatan kearipan lokal dalam bentuk Dalian Natolu (wawasan sosial kultural) dari pada menyelesaikan melalui jalur hukum di pengadilan.

“Bukan berati menyampingkan atau memangkas alur kriminal atau sistem, namun dari pada nanti bermuara di lembaga permasyarakatan. Ditakutkan nanti bukannya menjadi baik, malah terkontaminasi dengan pecandu dan gembong narkotika lainnya,”sebutnya.

Untuk itu, Agus memerintahkan Kepada Kapolres, Kapolsek dan seluruh anggota Polri, agar betul-betul mengetahui apa masalah-masalah, kesulitan-kesulitan yang dihadapi masyarakat. Kaitanya mungkin ada sumbatan-sumbatan yang terjadi antara hubungan masyarakat kepada pemerintah daerah dan hubungan masyarakat kepada komunitas yang lain.

“Sehingga nantinya bisa dicarikan solusi atau menjadikan Polri sebagai mediator dalam penyelesaian masalah yang terjadi,”ujarnya.

Kepada para tamu undangan yang hadir, Agus juga menyampikan sebentar lagi negara ini akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilu 2019, Pemilihan Presiden (Pilpres)dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Untuk itu mari gunakan hak pilih sebaik-baiknya.

“Silahkan gunakan hak pilih saudara-saudara secara cerdas dan jangan karena bedah pilihan kita jadi berantam. Karena modal negara ini adalah persatuan dan kesatuan,”pungkasnya.

Sementara Bupati Dairi, KRA Johnny Sitohang Adinegoro mengucapkan selamat datang di Kabupaten Dairi. Dengan kedatangan bapak Kapolda Sumut di Kabupaten Dairi ini, bisa meningkatkan keadaan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi.

“Kami sangat bersyukur, ketika bapak Kapolda Sumut datang ke Dairi ini. Semoga dengan kunjungan ini dapat meningkatkan keakrapan masyarakat di Kabupaten Dairi ini.

Dijelaskan Johnny, hubungan Forkompinda di Kabupaten Dairi selama ini sangat baik, sehingga tidak ada sedikitpun gangguan Kamtibmas yang mengganggu jalannya roda pemerintahan. Masyarakat di Dairi sudah menyatu dan tidak ada pertentangan sehingga keadaan semangkin sangat baik.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan motifasi kepada bangsa kita, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan kondusif,”ucap Jonny.

Sementara mewakili tokoh masyarakat Dairi, Raja Ardin Ujung menyampaikan, sangat bersuka cita atas kunjungan Kapolda Sumut datang ke Kabupaten Dairi. Mungkin Dairi ini tidak asing lagi bagi bapak Kapolda Sumut. Karena dulunya sudah pernah bertugas di Kabupaten Dairi, sebagai Kapolsek Sumbul dan Tigalingga.

Disebutkan Ardin, di Dairi ini tetap terjamin silaturahmi antara suku dan agama, makanya walaupun terjadi kejadian-kejadian di daerah lain tidak akan berimbas sampai ke Dairi ini.

“Itu semua karena masyarakat disini tetap bekerjasama dengan Pemerintah daerah maupun forkompinda,”ungkapnya. (gun”s)