KPU Dairi Buka Pendaftatan Relawan Demokrasi Pemilu 2019

869
Devisi SDM Dan Parmas KPU Dairi, Jenny Ester Pandiangan

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Dairi membuka pendaftaraan bagi masyarakat umum yang ingin menjadi Relawan Demokrasi untuk Pemilu 2019. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar dipersilahkan datang ke Kantor KPU Dairi jalan Palapa, Sidikalang.

Demikian disampaikan, Devisi SDM dan Parmas KPU Dairi, Jeny Ester Pandiangan,  dijelaskannya masa pendaftaran dibuka selama 7 hari, dimulai sejak Kamis, 10-16 Januari 2019 dan dibuka setiap hari pukul 08.00 -16.00 WIB

“Kami membuka pendaftaran untuk 55 orang,  jadi kepada warga yang ingin berpartisipasi menjadi Relawan Demokrasi untuk Pemilu 2019, kami persilahkan mendaftar,” kata Jeny, Jumat (11/1/19).

Disebutkan Jenny,  persyaratan bagi masyarakat yang ingin menjadi Relawan Demokrasi Pemilu 2019, yakni Warga Negara Indonesia (WNI), pendidikan minimal SLTA/Sederajat dan berdomisili atau tinggal di Kabupaten Dairi.

Selain itu, calon pendaftar merupakan non partisan dalam lima tahun terakhir, terdaftar sebagai pemilih, mampu berkomunikasi dengan baik, bukan bagian dari Penyelenggara Pemilu serta memiliki pengalaman dalam kegiatan penyuluhan atau aktif dalam kemasyarakatan/kemahasiswaan.

“Batas usia minimal 17 tahun dan khusus bagi pemilih pemula maksimal berusia 25 tahun dengan melampirkan fotokopi KTP, fotokopi Ijazah SLTA atau sederajat. Lampirkan juga surat pernyataan tidak menjadi anggota Parpol dalam lima tahun terakhir, pas foto dan sejumlah surat pernyataan lainnya,” sebut Jenny.

Jenny pun menegaskan calon Relawan Demokrasi di Kabupaten Dairi yang terpilih nantinya, merupakan masyarakat yang kreatif dan aktif di media sosial.

“Bagi relawan basis pemilih warga, diutamakan yang dapat mengoperasikan internet dan mampu membuat konten/desain/slogan/meme. Selain itu mempunyai tiga akun medsos, berupa facebook, instagram dan twitter dengan masing-masing follower minimal 2 ribu,” jelasnya.

Ditambahkan Jenny, tujua dari dibentuknya relawan Demokrasi ini adalah, untuk meningkatkan kualitas proses Pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih dan meningkatkan kepercayaan Publik terhadap proses demokrasi,

“Selain itu untuk membangkitkan kesukarekaan masyarakat sipil dalam agenda Pemilu dan demokrasi,”pungkasnya. (gun’s)