KPU Dairi Lantik 30 Orang Anggota PPK Tambahan Untuk Pemilu 2019

509
Ketua KPU Dairi, Sudiarman Manik melantik dan mengambil sumpah anggota PPK tambahan se-Kabupaten Dairi

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Komisi Pemilihan Umun (KPU) Dairi melantik dan mengambil sumpah 30 orang anggota Penyelenggara Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan se-Kabupaten Dairi untuk Pemilu 2019. Acara pelantikan dilaksanakan di gedung Balai Budaya Pemkab Dairi, jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Rabu (2/1/19).

Selain dihadiri seluruh komisioner KPU, acara pelantikan tesebut dihadiri, Ketua Bawaslu Dairi Jadi Surirang Berutu, Dan Unit Kodim 0206/Dairi Letda Inf Binton Sinaga, Kasat Intel Polres Dairi AKP Misrianto, Kasi Datun Kejaksaan  Zulkarnain Harahap, Kesbangpolinmas Pangoloi Manik.

Usai melantik anggota PPK, Ketua KPU Dairi Sudiarman Manik mengatakan, angota PPK yang dilantik hari ini merupakan penambahan sebagai tindak lanjut keputusan KPU RI, Nomor 1509/PP.05-SD/01/KPU/XII/2018 prihal penetapan dan pengangkatan angota PPK Pemilu tahun 2019.

Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 31/DDU-XVI/2018, tanggal 23 Juni 2018. Hingga jumlah anggota PPK semula 3 orang dengan dilantiknya penambahan 2 orang, maka genaplah kembali jumlah anggota PPK 5 orang.

“Kepada PPK yang dilantik hari ini kiranya dapat bekerjasama dengan anggota PPK yang sudah ada dan tetap menjaga indepedensi dan integritas sebagai penyelenggara Pemilu,”ungkapnya.

Disebutkan Sudiarman, PPK hendaknya bersikap jujur, adil serta objektif dalam melaksanakan tugas dan bekerja dengan sungguh-sungguh, cermat dan penuh kehati-hatian, serta dapat menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dengan tetap menjaga netralitas.

“Ingat, pada Pemilu 2019 nanti akan kita hadapi tantangan yang luar biasa, maka untuk Pemilu yang berkualitas kita harus tetap semangat agar kepercayaan publik kepada kita semangkin meningkat,”sebutnya.

Untuk itu, Sudiarman manik juga meminta kepada PPK yang baru dilantik agar segera mempelajari dan memahami undang-undang Kepemiluan dan  PKPU yang telah ada.

“Segera kuasai aturan dan undang-undang Kepemiluan serta PKPU. Untuk lebih muda mencarinya gunakan aplikasi melalui handphone androit masing-asing,”tegasnya.

Foto bersama PPK yang baru dilantika dengan Komisioner KPU, Bawaslu dan tamu undangan.

Sementara Ketua Bawaslu Dairi, Jadi Surirang Berutu mengucapakan selamat kepada anggota PPK yang baru dilantik, dari yang sebelumnya 3 menjadi 5. Menurutnya, sebenarnya putusan MK seyogyanya tidak hanya berlaku hanya kepada KPU dan jajaran saja, tetapi juga kepada penyelenggara termasuk Bawaslu.

“Tetapi Bawaslu RI tidak ada memerintahkan kepada Bawaslu di kabupaten/kota untuk melakukan penambahan. Sebenarnya kita Bawaslu pun jumlahnya tidak 3 lagi, tapi minimal 5 juga seperti KPU,”ucapnya.

Kepada anggota PPK yang baru dilantik, Jadi Suirang berutu berpesan, agar tidak ada masalah nanti di setiap kecamatan. Bila ada anggota Panwascan kecamatan yang salah tolong diingatkan, karena tidak hanya pengawas pemilu yang mengigatkan PPK.

“Cara mengigatkannya dengan menegur atau melalui surat, setidaknya ada komunikasi antatar PPK dan Panwascam di lapangan,” pungkasnya (gun,s)