Dandim 0206/Dairi Buka Kejuaraan Renang Tingkat Pelajar Se-Kabupaten Dairi

465
Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto saat memberikan sambutan dan membuka kejuaraan renang tingkat pelajar.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Untuk menumbuhkan minat olahraga renang di Kabupaten Dairi, Kodim 0206/Dairi dan pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Dairi menyelenggarakan kejuaraan renang tingkat pelajar, SD, SMP, SMA sederajat. Kejuaraan itu dilaksanakan di kolam renang Tirta Yudha Karina jalan Keluarga Berencana Sidikalang, Sabtu (1/12/18).

Kejuaraan renang memperebutkan piala Dandim 0206/Dairi tersebut, diikuti 200 pelajar dari 25 sekolah se-Kabupaten Dairi. Adapun kejuaraan renang yang diperlombakan adalah, renang gaya dada tingkat putra dan putri, serta gaya bebas tingkat putra dan putri.

Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto menjelaskan, kejuaran renang yang dilaksanakan pertama kali ini, pada mulanya atas inisiatif para guru olah raga di Kabupaten Dairi. Atas inisiatif itu, Kodim 0206/Dairi pun mendukung penuh kejuaraan perlombaan renang tersebut.

“Selaku Dandim 0206/Dairi, saya mendukung penuh inisiatif tersebut dan saya juga sudah lama berkeinginan perlombaan renang dapat dilaksanakan. Sehingga bisa meningkatkan prestasi dan membangkitkan minat anak-anak dalam olahraga renang di Kabupaten Dairi,”kata Hadi.

Disebutkannya, selama ini para adik-adik pelajar hanya berlatih dan mandi di kolam renang milik Kodim ini dan sekarang sudah ada sarana untuk mengukur kemampuan melalui kejuaraan renang ini. Sehingga ini bisa menambah giat lagi bagi adik-adik untuk melatih kemampuan renang.

Para peserta saat melakukan perlombaan renang di kolam Tirta Yudha Karina.

Sebagai pengalaman, khususnya bagi adik-adik yang berkeinginan menjadi anggota TNI-Polri, renang ini menjadi syarat utama agar lulus menjadi anggota TNI-Polri.

“Dari pengalaman, banyak pemuda yang gagal masuk menjadi anggota TNI-Polri, karena banyak kelemahan terutama olahraga renang. Begitu saat di test renang memang kemampuannya kurang. Mungkin karena kurang banyak berlatih, melalui kejuaran-kejuaran renang ini, diharapkan bisa menambah minat kita untuk berlatih,”sebutnya.

Laksanakan lomba dengan baik dan perhatikan faktor keamanan karena itu merupakan hal yang utama. Sebagus apapun kegiatan bila ada menyebabkan suatu kecelakaan, berarti kegiatan itu dianggap gagal.

“Saya berharap kepada penyelenggara, agar betul-betul diperhatikan keamanan. Laksanakan pertandingan secara fair. Sampaikan teknis pertandingan sehingga tidak adanya protes-protes dan hal-hal yang tidak diinginan,”pungkasnya.

Sementara Ketua PRSI Dairi, Juanto Angkat mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0206/Dairi dan panitia atas kerjasamanya, sehingga kejuaraan renang ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan itu dapat terus berlanjut untuk kedepannya, apalagi kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir dan ini masih tingkat belajar.

“Bagi adik-adik yang meraih juara, nantinya akan kita perhatikan untuk menjadi utusan atlet renang ke tingkat Provinsi, Nasional maupun internasional,”ujar Juanto. (AR45)