Dua Parpol Di Kabupaten Dairi Tidak Mendapatkan APK Pemilu 2019

587
KPU Dairi saat menyerahkan APK kepada Perwakilan Parpol peserta Pemilu

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi serahkan Alat Peraga Kampanye (APK)  berupa sepanduk dan baliho kepada 14 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Penyerahan APK dilaksanakan di ruang rapat KPU Dairi, jalan Palapa, Sidikalang, Rabu (28/11/18) disaksikan Bawaslu Dairi.

“Selain itu, kami juga menyerahkan APK kepada calon Presiden nomor urut 1 dan nomor urut 2 yang diterima oleh tim Parpol pengusung. Serta calon perseorang atau DPD yang diterima tim sukses masing-masing,”kata Jenny Ester Pandiangan Devisi SDM dan Parmas KPU Dairi usai penyerahan APK.

Disebutkan Jenny, APK yang diserahkan itu biaya pembuatannya difasilitasi negara melalui KPU Dairi sesuai desain yang telah disepakati dan sebelumnya dari masing-masing Parpol maupun tim sukses dan tim penghubung dari calon Presiden dan DPD.

“APK yang diserahkan untuk calon Presiden nomor urut 1 dan 2 masing-masing sebanyak 10 baliho dan 16 sepanduk. Untuk Parpol juga sama, sedangkan untuk DPD hanya 10 sepanduk saja,”sebut Jenny.

Di Kabupaten Dairi ada 2 Parpol yang tidak mendapatkan APK, yakni PBB dan Partai Garuda, karena mereka memang tidak ada menyerahkan desain APK nya kepada KPU Dairi dan mereka juga tidak ada calegnya yang akan ikut kontestasi pada Pemilu 2019.

Masalah pemasangan APK yang difasilitasi negara lewat KPU Dairi ini,  dipercayakan kepada peserta pemilu baik kepada tim pemenangan Capres, Porpol dan DPD. Supaya APK dipasang ditempat-tempat yang telah ditentukan dan untuk azas keadilan agar pemasangannya tidak menumpuk di satu titik.

“Karena ada 16 sepanduk yang diberikan dan di Kabupaten Dairi ada 15 Kecamatan, jadi harus dipasang tersebar satu disetiap kecamatan dan sisanya boleh dipasang di kantor masing-masing Parpol,”ujarnya.

Ketika ditanya boleh tidak, bila ada Parpol peserta pemilu membuat APK di luar yang difasilitasi negara,  Jenny mengatakan, itu diperbolehkan sesuai peraturan  PKPU nomor 23 tahun 2018.

“ Di PKPU nomor 23 tersebut jelas dikatakan, bahwa Parpol boleh membuat APK sendiri sebanyak 10 sepanduk perdesa dan 5 baliho perdesa,”terangnya. (gun’s)