Kodim 0206/Dairi Bersama Forkompinda Apel Gelar Pasukan Kesiap Siagaan Bencana Alam

799
Kasdim 0206/Dairi melakukan pengecekan persiapan PRCPB

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Dalam rangka antisipasi penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat, Kodim 0206/Dairi bersama Forkompinda melaksanakan apel gelar pasukan kesiap siagaan yang diberi nama, Pasukan Reaksi Cepat Pananggulangan Bencana (PRCPB). Apel dilaksanakan di halaman Makodim Dairi, jalan Gereja Sidikalang, Selasa (13/11/18)

Apel gelar pasukan yang dipimpin Kasdim 0206/Dairi, Mayor Inf Danial Pandia dihadiri dan diikuti, petugas Polres Dairi dan Polres Pakpak Bharat, prajurit dari Sub Denpom dan prajurit dari Batalyon 125/SMS Sidikalang. Serta forkompinda dari Pemkab Dairi dan Pemkab Pakpak Bharat antara lain. Dinas BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Petugas Pemadam Kebakaran.

Kasdim 0206/Mayor Inf Danial Pandia menjelaskan, apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiap siagaan, baik personil maupun peralatan sarana pendukung lainnya dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Apel kesiap siagaan PRCPB Kodim 0206 Dairi ini merupakan perpanjangan pengerahan kekuatan Koramil melalui kekuatan Korem 0203/KS dan Kodam I Bukit barisan serta Pemerintah Daerah dan satuan badan pelaksana dibawanya dalam memberikan bantuan kepada pemerintah di wilayah,”kata Danial.

Kasdin 0206/Dairi melakukan pengecekan sarana medis dan obat-obatan

Disebutkannya, kegiatan yang digelar untuk kesiapan penaggulangan bencana ini telah sesuai apa yang diamankan Undang-undang nomor 24 tahun 2007, tentang bencana alam khusunya keterlibatan TNI dalam penanggulangan bencana yang diwadahi oleh BPBD.

“Serta Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI Pasal 7 ayat 2, bahwa tugas pokok TNI dilaksanakan dengan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang (OMSP). Tugas dalam OMSP adalah membantu pengungsi dan pemberian bantuan kemanusiaan dan bantuan penaggulangan bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, angin ribut dan tanah longsor,”terangnya.

Sementara Kepala BPBD Dairi, Bahagia Ginting mengatakan, melalui kegiatan seperti ini, maka akan tercipta komunikasi dan koordinasi yang baik. Sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana bisa langsung cepat penanggulangannya.

“Melalui kegiatan ini kita dapat melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua elemen. Jadi, bila terjadi bencana kita bisa cepat melakukan penanggulangan untuk memberikan bantuan,”ucapnya.

Ditambahkan Bahagia, Sebagai sektor yang menanggulangi dan menanggungjawabi bencana, BPBD akan memanfaatkan semua peluang dan sumber daya yang ada untuk menghadapi bila terjadi bencana alam. (AR45)