Amankan Pelaku Pembunuhan Kapolsek Parongil Kena Tusuk Pisau

2240
Kapolsek Parongil saat dirawat di Puskesmas Parongil

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Amankan pelaku pembunuhan Kapolsek Parongil, AKP Sayuti Malik kena tusuk pisau dibagian dada sebelah kiri dan harus mendapat perawatan di RSUD Sidikalang. Pelaku penikaman, Piehon Nababan (42) warga Desa Lae Ambat, Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kabupaten Dairi.

Peristiwa penusukan tersebut terjadi, Rabu (24/10/18) pukul 19.00 WIB, dimana saat itu Kapolsek Parongil menerima laporan dari masyarakat tentang kejadian pembunuhan di Desa Lae Ambat pada pukul 17.30 WIB yang dilakukan Piehon Nababan dengan korban tewas, Rimson Sitorus (40) dengan kondisi luka parah dan kepala terpisah dari badannya.

Mendapat laporan tersebut, Kapolsek bersama anggota menggunakan sepeda motor menuju ke TKP untuk mengamankan pelaku pembunuhan, Piehon Nababan. Sesampainnya di TKP, Kapolsek mencoba menenemui pelaku dan melakukan negosiasi, agar pelaku menyerahkan diri dan membuang senjata tajam berupa parang panjang yang dipegangnya.

Pelaku pun membuang senjata tajam miliknya, namun saat akan didekati pelaku mengambil pisau dari pinggangnya dan kemudian mencoba menusuk dada Kapolsek. Dengan cepat Kapolsek menangkis pisau tersebut, akan tetapi pelaku kembali melakukan penusukan dan mengenai dada Kapolsek. Saai itu Kapolsek tidak merasakan kalau dadanya kena tusuk pisau, karena ia sempat mengambil pistol yang kemudian ditembakan ke bagian kaki pelaku.

korban tewas Rimson Sitorus di TKP

“Kapolsek kemudian mencoba melumpuhkan pelaku dengan menembak bagian kaki sebelah kiri pelaku, tapi tembakannya meleset. Mendengar suara letusan tembakan, sepontan warga yang geram melihat pelaku mengerumini dan menghajar pelaku hingga babak belur,”terang Kapolres Dairi, AKBP Erwin Wijaya Siahaan SIK saat berada di RSUD Sidikalang.

Petugas yang berada di TKP kemudian meminta masyarakat untuk tidak main hakim sendiri dan selanjutnya mengamankan pelaku dari lokasi. Usai kejadian Kapolsek yang mengalami luka tusukan di bawa ke Puskesmas Parongil untuk mendapat perawatan dan selanjutnya atas perintah Kapolres dilarikan ke RSUD Sidikalang.

“Korban tewas, Rimson Sitorus dibawa ke kamar jenazah RSUD Sidikalang untuk dilakuakn visum, sedangkan pelaku pembunuhan yang mengalami babak belur juga dibawa ke RSUD Sidikalang untuk mendapat perawatan dengan pengawalan ketat petugas,”ucap Erwin

Pelaku pembunuhan dan penusukan saat dibawa ke RSUD Sidikalang

Ditambakan Erwin, Walau luka tusuk yang diderita Kapolsek tidak parah, namun untuk mengantisipasai hal-hal yang tidak diinginkan dan petunjuk dari Bapak Kapolda Sumut, agar Kapolsek di rujuk ke Rumah sakit di kota Medan.

“Malam ini  Kapolsek akan kita rujuk ke RS Murni Teguh Medan dengan menggunakan mobil Ambulan milik Polres Dairi,”kata Erwin.

Saat ditanya motif pembunuhan tersebut, Erwin mengatakan masih dalam penyelidikan petugas. Tapi menurut informasi yang berkembang di masyarakat diduga ada unsur dendam lama.

“Informasi dari masyarakat, antara pelaku, Piehon Nababan dengan korban tewas, Rimson Sitorus diduga karena dendam lama. Tapi itupun kita tunggu hasil dari penyidikan nantinya,” pungkasnya. (gun’s)