KPU Dairi Ajak Parpol Ikut Sosialisasikan GMHP

515
Deklarasi GMHP di ruang rapat Kantor KPU Dairi

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi mengajak pengurus Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu ikut mensosialisasikan Gerakan Melindunggi Hak Pilih (GMHP), agar masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 yang akan datang.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Dairi, Sudiarman Manik pada deklarasi GMHP yang dilaksanakan di ruang rapat KPU Dairi jalan Palapa, Sidikalang pada, Rabu (17/10/18). Disebutkannya, dengan deklarasi yang dilaksanakan ini nantinya tidak ada lagi masyarakat yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk menggunakan hak pilihnya.

“Jadi melalui deklarasi ini seluruh perwakilan Parpol peserta Pemili 2019 yang hadir bisa ikut berperan aktif  mensosialisasikan GMHP,”ucap Sudiarman.

Sementra devisi program dan data KPU Dairi, Hartono Maha menyampaikan, deklarasi GMHP ini dilaksanakan bertujuan untuk mengajak masyarakat agar aktif mencermati DPT dan memeriksa sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih. Mengajak masyarakat yang belum memiliki E-KTP agar melakukan perekaman ke Kantor Dinas Catatan Sipil dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Selain itu, mengajak masyarakat yang telah memenuhi syarat dan belum terdaftar sebagai pemilih agar menghubunggi PPS, PPK dan KPU Kabupaten Dairi,”sebutnya.

Menurut Hartono GMHP ini dilaksanakan bukan hanya hari ini saja dan ini sudah dilaksanakan sejak 1 Oktober 2018 dengan memerintahkan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk membuka Posko layanan GMHP di 169 Kelurahan/Desa yang ada di Kabupaten Dairi.

“GMHP ini akan kita laksanakan hingga 28 Oktober 2018, dan posko itu dibuka untuk menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu RI terkait masih ditemukan data ganda maupun data orang yang sudah meninggal yang masih terdaftar di DPT,”pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri, Ketua Bawaslu Dairi Jadi Surirang Berutu, Perwakilan pimpinan Parpol, Perwakilan Disdukcapil dan Anggota PPK.(gun’s)