KPU Dairi Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pilbup Dairi 2018

530
KPU Dairi saat melaksanaan evaluasi tahapan Pilbup Dairi 2018

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi lakukan evaluasi tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Dairi 2018. Kegiatan yang dihadiri seluruh petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan seketaris kecamatan dilaksanakan di Gedung Balai Budaya Pemkab Dairi, jalan SM. Raja Sidikalang pada, Selasa (16/10/18).

Devisi Program dan Data KPU Dairi, Hartono Maha mengatakan, kegiatan ini untuk melakukan evaluasi permasalahan yang timbul terhadap pelaksanaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dairi pada 2018 yang lalu.

Serta mendapat rekomendasi untuk dapat mengakomodir permasalahan yang telah terjadi, agar dikemudian hari pelaksanaan kegiatan pemilihan dapat berjalan baik dan lancar.

“Sehingga dengan adanya evaluasi ini nantinya proses demokrasi di Kabupaten Dairi pada 5 tahun mendatang dapat dilakukan secara maksimal dan lebih baik lagi,”kata Hartono.

Disebutkan Hartono, dalam kegiatan ini KPU Dairi meminta kepada petugas PPK dari setiap kecamatan bisa menyampaikan permasalahan atau kendala yang muncul dan sering dihadapi selama tahapan Pilbup Dairi beberapa waktu lalu.

Selanjutnya petugas PPK diminta secara mandiri untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang muncul dari tingkat kecamatan dan desa masing-masing.

“Pada evaluasi ini, kami akan meminta rekomendasi seperi apa dari petugas PPK, agar bisa berkontribusi secara pemikiran pada Pilkada 5 yang akan datang. Artinya semangkin baik evaluasi itu maka semangkin sempurna mengarah ke demokrasi yang berkeadilan,”ujarnya.

Ditambahkan Hartono, dari evaluasi yang dilakukan pada hari ini masih banyak ditemukan permasalahan dilapangan terkait pelaksanaan Pilbub 2018, salah satunya sering terjadi ketidakselarasan pemahaman antara petugas PPK dan Panwaslih terkait masalah aturan itu sendiri.

“Jadi langkah apa yang akan dilakukan petugas PPK itulah yang akan kami gali pada hari ini, sehingga pada pelaksanaan Pilkada 5 tahun yang akan datang tidak terjadi lagi permasalahan,”pungkasnya. (gun’s)