Tertutup Longsor, Jalan Lintas Sidikalang-Dolok Sanggul Macet 4 Jam

636
Jalan lintas Sidikalang-Dolok Sanggul yang tertimbun longsor

DAIRI, Parbuluan-dibaktinews.com

Curah hujan tinggi yang terjadi beberapa bulan ini, membuat perbukitan di kawasan, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Jumat (5/10/18) sore, mengalami longsor.

Akibatnya jalan lintas Sidikalang-Dolok Sanggul yang mengubungkan Kabupaten Dairi dengan Samosir dan Humbang Hasudutan mengalami macet total selama 4 jam

Walau tidak menimbulkan korban jiwa, material tebing berupa bebatuan, tanah liat dan pasir berjatuhan menimbun badan jalanm membuat arus lalulintas dari dua arah berlawanan.

Lalulintas dapat kembali normal, setelah satu unit alat berat milik Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dairi di turunkan membersihkan material longsor.

Perbukitan di Kecamatan Parbuluan yang mengalami longsor

Kapolsub Parbuluan Sektor Sumbul, Iptu B. Sigalingging mengatakan, perbukitan (tebing) yang berada disisi kiri jalan Sidikalang-Dolok Sanggul mengalami longsor pada Jumat (5/10/18) pukul 15.00 WIB.

“Setelah menerima laporan terjadinya longsor yang menutup badan jalan, kami kemudian berkoordinasi dengan petugas kecamatan Parbuluan dan selanjutnya memeinta bantuan kepada Dinas BPBD Dairi,”kata Sigalingging.

Selanjutnya pada pukul 17.30 WIB satu unit alat berat milik BPBD Dairi tiba dilokasi untuk membantu membersihkan material longsor yang menutup badan jalan.

“Badan jalan yang tertutup material longsor sepanjang 50 meter, setelah dilakukan pembersihan disekitar lokasi longsor, arus lalulintas kembali normal pada pukul 18.30 WIB,”ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan panjang sekitar 20 personel dari Polsub Parbuluan, dibantu Polsek Sumbut dan Sat Lantas Polres Dairi turun kelokasi mengatur arus lalu lintas pascapembersihan material longsoran.

“Kepada pengendara yang melintas, agar berhati-hati. Karena kondisi jalan masih licin dan bila hujan kembali turun perbukitan tersebut berpotensi longsor kembali,” pungkasnya. (gun’s)