Tidak Serahkan LADK, PBB Dan Garuda Terancam Didiskualifikasi Pada Pemilu 2019

580
Veryanto Sitohang devisi bagian hukum KPU Dairi, saat memberikan keterangan kepada wartawan

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Hingga hari terakhir batas penyerahan Laporan Dana Awal Kampanye (LADK), Minggu (23/9/18) pukul 18.00 WIB, baru 14 Partai Politik (Parpol) yang menyerahkan. Sedangkan 2 Parpol yang belum menyerahkan, yakni Parpol PBB dan Garuda.

Hal itu dikatakan, Veryanto Sitohang Devisi Hukum KPU Dairi kepada wartawan, Senin (24/9/18). Disebukannya, satu dari 2 Parpol yang belum menyerahkan LADK, yakni PBB telah melayangkan surat ke KPU Dairi untuk tidak ikut menyerahkan LADK dengan alasan tidak memiliki Calon Legislatif (Caleg) Pada Pileg 2019.

“Sedangkan Parpol Garuda sama sekali tidak menyerahkan LADK, padahal kami kami telah mengirimkan surat pemberitahuaan dan telah menghubungi melalui telepon kepada pengurus Parpol tersebut sebelumnya,”ucap Veryanto.

Menurut Veryanto, berdasarkan PKPU No 24 tahun 2018 Pasal 64 Ayat 1, menyebutkan, bahwa Parpol yang tidak menyerahkan LADK sampai batas waktu yang telah ditentukan, akan diberikan sanksi pembatalan peserta pemilu pada wilayah pemilihan yang bersangkutan.

“Jadi bagi Parpol yang tidak melaksanakan atau mematuhi aturan tersebut, akan didiskualifikasi kepesertaannya pada Pemili 2019,”tegasnya. (gun’s)