Danrem 023/KS, TNI Harus Jaga Netralitas Pada Pileg Dan Pilpres 2019

513
Danrem 023/KS foto bersama dengan Dandim 0206/Dairi beserta jajaran

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Danrem 023/KS, Kol Inf Mohammad Fadjar didampinggi istri, Ny Irawati Suryokusumo yang juga Ketua Persit KCK Korem 023/KS beserta Kasilog Korem Letkol Inf Joko Suprianto, Kasi Intel Korem Letkol Arh Utama lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kodim 0206/Dairi, Kamis (20/9/18) pukul 08.30 WIB.

Dalam Kunker tersebut, Danrem dan rombongan disambut langsung, Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH dan Ketua Persit KCK, Ny Yeny Nuraini beserta jajaran di Makodim 0206/Dairi jalan Gereja, Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Danrem 023/KS, Kol Inf Mohammad Fadjar dihadapan para prajurit Kodim 0206/DR mengatakan, kunjungan ini untuk melihat para prajurit  dan keluarganya (Ibu-ibu Persit). Sebelum ke Dairi, Danrem dan rombongan telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nias dan Kabupaten Karo

“Ini merupakan kunker  pertama saya setelah menjabat Danrem, tapi saya lebih cendrung kunjugan ini untuk melihat lebih dekat para prajurit saya dan keluarnya yang ada di Kodim 0206/Dairi,”ucapnya.

Selain mengunjungi para prajurit dan keluargannya, Kunker ini juga untuk bertemu dengan jajaran pemerintahan di Pemkab Dairi, tokoh agama, tokoh adat. Karena ini sudah merupakan tugas, sekaligus untuk menyampaikan perintah dari pipimpinan.

Disebutkannya, sebagai aparat teritorial prajrurit TNI membutuhkan kedewasaan yang lebih dalam menjalankan tugas. Karena apa yang anda kerjakan itu bukan sebagai pegawai biasa tapi sebagai prajurit TNI dan tugas ini adalah pengabdian.

“Jadi kalau kita melakukan pengabdian kapanpun negara membutuhkan walaupun tidak atas perintah dari komandan, kita harus siap turun kelapangan untuk bekerja,”ucapnya.

Kepada prajurit TNI dibawah Korem 023/KS khusunya di Kodim 0206/Dairi, agar selalu memegang teguh sapta marga sumpah prajurit sesuai perintah pimpinan, agar konsisten dalam melaksanakannya.

Apalagi dalam waktu dekat ini bangsa Indonesia akan melaksankan Pemilu 2019,  Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), untuk itu dihimbau kepada prajurit TNI, agar menjaga sikap netralitas dan kepada keluarganya gunakanlah hak pilih sebaik-baiknya.

“Bila ada prajurit TNI yang tidak netral dalam pelaksanaaan Pileg dan Pilpres mendatang, akan kita usut dan ditindak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,”tegasnya.

Danrem 023/KS dan Dandim 0206/Dairi launching perpustakaan keliling

Ditambahkan Kol Inf Mohammad Fadjar, kepada seluruh prajurit Kodim 0206/Dairi dan ibu Persit, agar bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos). Karena jika tidak digunakan dengan benar Medsos dapat membawa masalah kepada diri anda dan keluarga, serta kesatuan ini.

“Untuk itu gunakan Medsos untuk hal-hak yang positif, jangan gara-gara Medsos prajurit Kodim 0206/Dairi dan ibu-ibu persit berurusan dengan masalah hukum,”ungkap pria lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Sementara Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH dihadapan Danrem 023/KS dalam menyampaikan paparanannya menjelaskan, Kodim 0206/Dairi merupakan satuan pelaksana Korem yang berkedudukan di Sidikalang yang membawahi dua Kabupaten yaitu, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat.

“Tugas pokok Kodim 02016/Dairi, menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayah dalam rangka melaksanakan tugas pokok Korem 023/KS,” terangnya.

Disela-sela kunjungan tersebut, Danrem 023/KS, Kolonel Inf Mohammad Fadjar didampinggi Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH melakukan launching perpustakaan keliling dengan menggunakan sepeda motor. Perpustakaan keliling tersebut nantinya akan disebar di wilayah binaan oleh Babinsa.

Diakhir pelaksanaan Kunker, Danrem juga mengunjungi lokasi hasil karya bakti prajurit Kodim yakni, bak penampungan air minum di Desa Bintang Mersada dan lokasi lapangan tembak milik Kodim 0206/Dairi di Kelurahan Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang. (AR45)