Blangko SIM Di Sat Lantas Polres Dairi Kosong

483
Kasat Lantas Polres Dairi, AKP M. Hasan

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Blangko pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Sat Lantas Polres Dairi kosong, akibatnya masyarakat yang akan membuat SIM hanya diberikan surat keterangan pengganti (SKP) berupa surat Resi.

Salah seorang petugas bagian pengurusan SIM Sat Lantas Polres Dairi, Brigadir Purwito mengatakan, pemberian surat Resi pengganti SIM kepada masyarakat yang melakukan permohonan, karena saat ini blangko SIM kosong.

“Sejak  11 Juli 2018 blangko pembuatan SIM kosong, sehingga masyarakat yang melakukan perpanjangan SIM atau pengurusan SIM baru kami berikan surat Resi sebagai penganti,”kata Purwito kepada wartawan, Senin (30/7/18).

Menurutnya, setiap hari petugas Sat Lantas Polres Dairi sedikitnya mengeluarkan puluhan surat Resi kepada masyarakat yang melakukan pengurusan SIM.

“Setiap harinya rata-rata sekitar 30 orang yang melakukan perpanjangan dan pengurusan SIM baru. Karena keadaan blangko kosong, jadi kami hanya bisa mengeluarkan surat Resi pengganti,”ungkapnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Dairi, AKP M. Hasan saat dikonfirmasi membenarkan kosongnya blangko SIM tersebut. Namun pihaknya telah memberikan surat Resi sebagai pengganti SIM sementara kepada masyarakat yang melakukan pengurusan pembuatan SIM.

“Sejak 2 minggu blangko SIM kosong dan ini tidak hanya terjadi di Sat lantas Polres Dairi saja, tapi secara nasional di seluruh Polres. Bulan Agustus 2018 ini sudah akan tersedia lagi. Saat ini blangko sudah sampai ke Korlantas, selanjutnya akan di kirim  ke Ditlantas Polda dan kemudian akan didistribusikan ke setiap Sat Lantas Polres,”terang Hasan.

Disebutkan Hasan, bila keberadaan blangko SIM sudah datang atau tersedia masyarakat yang memiliki surat Resi akan langsung dihubunggi untuk mengambil kartu SIM.

“Jadi kalau blangko SIM sudah tersedia, bagi masyarakat yang sebelumnya telah memiliki surat Resi pengganti SIM akan segera kami hubunggi untuk mengambil kartu SIM ke Satlantas Polres Dairi,”terangnya. (gun’s)