2 Bacaleg Di Dairi Pernah Tersangkut Masalah Hukum

1368
Devisi Teknis KPU Dairi, Freddy

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Ada 2 orang bakal calon legislatif (Bacaleg) yang pernah tersangkut masalah hukum ikut berkompetisi dalam pemilihan legslatif (pileg) 2019. Keduanya berasal dari partai Nasden dan PDIP.

Hal itu dikatakan Devisi Teknis Komis Pemilihan Umum (KPU) Dairi, Freddy kepada wartawan, Minggu (29/7) melalui telepon selulernya. Disebutkannya, sebanyak 311 Bacaleg dari 13 partai telah mendaftar ke KPU Dairi.

“Dari total Bacaleg yang telah mendaftar, ada 2 orang diantaranya pernah tersangkut masalah hukum,”ujar Freddy.

Freddy menjelaskan, 2 orang yang pernah tersangkut masalah hukum tersebut telah membuat pernyataan  di surat kabar, bahwa mereka tidak akan mengulang perbuatannya kembali.

Dengan demikian tidak ada Bacaleg yang melanggar peraturan Peraturan Komisi Pemiliham Umum (PKPU) nomor 20 Tahun 2018 yaitu, KPU melarang pengusulan nama calon legislatif yang pernah menjadi narapidana kasus korupsi, bandar narkoba dan kejahatan terhadap anak.

“Jadi tidak ada Bacaleg mantan napi yang dilarang sesuai aturan PKPU nomor 20 Tahun 2018,”ucapnya.

Sementara terkait syarat pendaftaran Bacaleg yang telah di serahkan ke KPU. Freddy mengatakan, dari 311 Bacaleg yang mendaftar, setengah dari jumlah tersebut telah diminta KPU untuk memperbaiki sejumlah perlengkapan dokumen yang menjadi persyaratan, sebelum nantinya ditetapkan  sebagai daftar caleg tetap (DCT) pada bulan September 2018 mendatang.

“Sekitar 50 persen Bacaleg harus memperbaiki dokumen persyaratan. Jadi paling lama 31 Juli 2018 harus sudah  diperbaiki kekurangan-kekurangan persyaratan dokumen kelengkapannya,”terang Freddy. (gun’s)