3 Parpol Di Dairi Tidak Mendaftar Bacaleg

668
Ketua KPU Dairi Sudiarman Manik

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Hari terakhir penyerahan berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) secara serentak nasional yang ditutup pada, Selasa (17/7/18) tepat pukul 24.00 WIB. Dari 16 Partai Politik (Parpol) yang terdaftar, baru 13 Parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi jalan, Palapa, Kecamatan Sidikalang.

Parpol yang baru menyerahkan berkas Bacalegnya yakni, Partai Golkar, Partai Nasdem, Perindo, PDIP, PKS, PPP, Partai Demokrat, PKB, Partai Hanura, Partai Gerindra, PAN, PSI dan Partai Berkarya.

“Sedangkan 3 Parpol di Kabupaten Dairi yang tidak menyerahkan daftar Bacaleg ke KPU Dairi. Parpol tersebut yakni, PKPI, PBB dan Partai Garuda,”kata Sudiarman Manik Ketua KPU Dairi kepada wartawan, Rabu (18/7/18).

Disebutkan Sudiarman, pihaknya tidak mengetahui secara pasti mengapa ke 3 partai itu tidak mendaftarkan Bacalegnya untuk ikut berpartisipasi di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Padahal partai-partai tersebut telah memiliki kepengurusan yang lengkap di Kabupaten Dairi.

“Ke 3 Parpol tersebut memiliki pengurusan yang lengkap, namun hingga waktu penutupan  tidak ada memberikan informasi ke KPU Dairi,”ucapnya

Saat ditanya sanksi yang diberikan terkait Parpol yang tidak mendaftarkan Bacalegnya, Sudiarman menjelaskan kalau hal itu bukan wewenang KPU selaku penyelenggara Pemilu.

“Kalau masalah sanksi, itu merupakan intern partai mereka masing-masing. KPU hanya bertugas sebagai penyelenggara Pemilu saja,”ujarnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Dairi, Jumadi Saing saat ditanya wartawan  mengatakan, pihaknya memang tidak ada menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg ke KPU Dairi.

“Kami tidak ada menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg, karena terkendala masalah finansial,”ucapnya.

Ditambahkannya, kalau kebijakan yang mereka lakukan dengan tidak mendaftarkan Bacalegnya untuk bertarung di Pemilu 2019 telah diketahui  pengurus DPW PBB Sumut. (gun’s)