Partisipasi Pemilih Di Dairi Tertinggi Di Sumut

601
Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilbup Dairi dan Pilgub Sumut tingkat Kabupaten

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Partisipasi tingkat pemilih masyarakat di Kabupaten Dairi pada Pilkada serentak 2018 dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Pemilihan Gubernur merupakan yang tertinggi di banding dengan 32 kabupaten lainnya di Sumatra Utara.

Hal tersebut dikatakan, Ketua KPU Dairi Sudiarman Manik usai menyampaikan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilbup Dairi dan Pilgub Sumut tingkat kabupaten di aula Hotel Beristera jalan Sidikalang-Medan, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Kamis (5/7) lalu.

“Partisipasi pemilih masyarakat di Kabupaten Dairi pada Pilkada serentak 2018 merupakan yang tertinggi di Sumut mencapai, 83 persen,”kata Sudiarman.

Sementara hasil rekapitulasi penghitungan suara Sudiarman Manik menyebutkan,  untuk Pilbup Dairi pasangan nomor urut 1, Depriwanto Sitohang-Azhar Bintang memperoleh suara sebanyak, 59.228 pemilih. Pasangan nomor urut 2, Eddy Keleng Ate Berutu-Jimmy Sihombing memperoleh suara sebanyak 86.838 pemilih dan Pasangan calon nomor urut 3, Rimso Sinaga-Bilker Purba memperoleh suara sebanyak 1,418 pemilih.

“Untuk jumlah suara sah sebanyak 147.484 pemilih, suara tidak sah sebanyak 2.344 dan total pemilih yang menggunakan hak suaranya sebanyak 149.828 orang,”ucap Sudiarman.

Sedangkan untuk Pilgub Sumut pasangan calon nomor urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah mendapat suara sebanyak, 26.956 pemilih. Dan pasangan calon nomor urut 2, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus memperoleh suara sebanyak 119.713 pemilih.

Jumlah suara sah sebanyak 146.669 pemilih, suara tidak sah 3.183 pemilih. Total pemilih yang menggunakan hak suaranya sebesar 149.852 orang,”sebutnnya.

Ditambahkan Sudiarman, untuk rapat pleno penetapan Bupati/Wakil Bupati dairi terpilih, KPU Dairi masih menunggu 3 x 24 jam, ada tidaknya pasangan calon yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung (MK).

“Jika tidak ada gugatan maka akan kami lakukan penetapan dan bila ada gugatan maka kami akan menunggu sampai putusan ditetapkan,”terangnya. (gun’s)