Hasil Rekapitulasi Pilkada Dairi Akan Diumumkan Pada 5 Juli 2018

2092
Bagian teknis KPU Dairi, Freddy saat memberikan keterangan kepada awak media

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi telah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Dairi. Dan hasil rekapitulasi itu akan diumumkan pada, Kamis (5/7/18) mendatang.

Hal tersebut dikatakan bagian teknis KPU Dairi, Freddy kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (3/7/18). Disebutkannya, untuk rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat kecamatan sudah selesai dilakukan.

“Jadi kami akan gelar rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan pada, Kamis (5/7/18), mengenai tempat belum ditentukan dan kegiatan hanya berlangsung satu hari,”kata Freddy.

Dalam rapat tersebut, KPU akan mengundang seluruh perwakilan tim pemenangan calon Gubernur Sumut dan calon Bupati Dairi, Panwaslih dan tamu undangan lainnya.

“Rapat pleno yang akan kami laksanakan nanti hanya untuk penetapan hasil rekapitulasi surat suara Pilgub Sumut dan Pilbup Dairi ditingkat kecamatan,”jelas Freddy.

Menurutnya lagi, setelah rapat pleno penetapan rekapitulasi tingkat kecamatan selesai, tahapan selanjutnya adalah rekapitulasi dan rapat pleno tingkat Kabupaten/Kota yang sesuai jadwal tahapan dilaksanakan pada 4-6 Juli 2018. Selanjutnya KPU akan menunggu putusan MK, apakah ada gugatan terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten/Kota.

“Bila tidak ada gugatan, maka KPU akan melakukan rapat pleno penetapan calon Bupati/Wakil Bupati terpilih ”terang Freddy.

Freddy juga menambahkan, sebelum pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi tingkat kecamatan, KPU Dairi akan melakukan rapat koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan dilaksanakan di Hotel Beristera, Sitinjo, Kabupaten Dairi.

“Kami akan undang PPK se-Kabupaten Dairi di Hotel Beristera Sitinjo, Rabu (4/7/18) terkait semua pelaksanaa tahapan pencoblosan pada, 27 Juni 2018 lalu,”pungkasnya. (gun’s)