Kepala Desa Palding : Karang Taruna Harus Bisa Menjadi Pelopor Pembangunan Desa

767
foto bersama pengurus Karang Taruna yang baru dilantik

DAIRI, Tigalingga-dibaktinews.com

Pelantikan pengurus Karang Taruna periode 2018-2023 di Desa Palding, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi berjalan sukses dan meriah. Pelantikan dan penyerahan SK pengurus dilakukan langsung oleh Kepala Desa di Losd desa setempat, Sabtu (9/6/18) malam.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Kepala Desa Palding Samin Sinulingga, Anggota DPRD dari Partai PAN Carles Ginting, ketua PAC PAN Tiglingga Janwar Karo-karo, Sekjen PAC IPK Tigalingga Mussry Pinem, Sekjen AMPI Rayon Tigalingga Fery Simbolon, Ketua PAC PP Tigalingga Swaztaiger Siburian, Tokom Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Adapun pengurus Karang Taruna Yang dilantik : Penasehat, Justinus Bagun dan Rudolf Sinaga. Pembina, Kepala Desa Pading. Ketua, Arca Dipra Ginting. Wakil Ketua, Ardi Tarigan. Seketaris, Gustika Sembiring. Wakil Seketaris, Andika Pranata Tarigan. Bendahara, Vina Sefriani Tarigan

Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Maya Sinulingga. Wakil Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Sadar Mangiring Rajagukguk. Bidang Usaha Kesehatan Sosial, Sarwedi Tarigan. Bidang Kesehatan, Juwita Sembiring. Bidang Usaha Kelompok Bersama, Ivandy Ginting

Bidang kerohanian dan Pembinaan Mental, Thio Vany Kaban. Bidang Olahraga dan Seni Budaya, Jefri Padang. Bidang Lingkungan Hidup, Girsang Tarigan. Bidang Humas dan Kerjasama Kemitraan, Marudut Sihotang, Robby Kaban, Jantri Pinem, Sederhana Tarigan.

Usai pelantikan Ketua Karang Taruna, Arca Dipra Ginting mengatakan, sebagai pengurus Karang Taruna yang baru, mereka belum banyak pengalaman kiranya orang-orang tua dan lapisan masyarakat bisa membantu dan mengajari mereka  dalam mengemban tugas Karang Taruna.

“Kami masih perlu banyak belajar, untuk itu kami mengharapkan bantuan semua pihak. Apalagi Karang Taruna Desa Palding menjadi delegasi pra karya tingkat Kabupaten dan Provinsi,”ucapnya.

Kepala Desa Palding, Samin Sinulingga berharap, dengan terbentuk dan terpilihnya kembali pengurus Karang Taruna yang baru , kiranya bisa merangsang pemuda yang ada di Desa Palding untuk lebih efektif kembali dan bisa bekerjasama dengan pemerintah desa. Baik itu membangun desa, menjaga dan melestarikan kebudayaan.

“Kita beragam-ragam, agama, suku dan RAS untuk itu mari kita jaga kekompakan dan jaga persatuan. Walau masih banyak yang perlu dipelajari, kita berharap Karang Taruna harus bisa menjadi pelopor pembangunan desa,”pintanya.

Mewakili Tokoh Masyarakat, Juner Sitohang menjelaskan, dengan adanya Karang Taruna diharapkan bisa melanjutkan program desa, baik itu bidang peradatan, maupun bidang keagamaan. Serta bisa bekerjasama dengan pemerintah desa dan masyarakat selaku orang tua.

“Dalam waktu dekat pengurus terpilih perlu memikirkan program kerja yang akan dilakukan untuk pembangunan desa,”sebutnya.

Sementara mewakili tamu undangan anggota DPRD dari Partai PAN, Carles Ginting menyebutkan, kalau kehadirannya bukan karena politik melainkan karena undangan dari Kepala Desa. Kepada pengurus Karang Taruna yang baru, harus bisa mempelajari apa dan guna Karang Taruna serta tupoksi akan jabatan pengurus yang diemban.

“Karang Taruna harus gesit dalam menyusun program kerja demi memajukan pemuda dan Desa palding. Karang Taruna bukan hanya sebatas kebudayaan, namun harus bisa mengembangkan akan bakat dan minat seperti pelatihan yang dilakukan pengurus di Kabupaten dan Provinsi,”kata Carles. (Tampu)