DPC PDIP Dairi Gelar Try Out SBMPTN Gratis

667
Pelaksanaan try out SBMPTN PDIP Dairi

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Dairi menggelar program try out, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Balain Karina jalan Empat Lima Sidikalang, Kabupaten Dairi, Minggu (29/4/18) diikuti sekitar 500 orang peserta.

Dalam ujian try out tersebut dibagi dua soal sesuai jurusannya, ujian tingkat kemampuan dasar Saintek/IPA dan ujian tingkat kemampuan dasar Soshum/IPS. Para peserta sangat antusias mengikuti uijian try out yang dimulai sejak pukul 08.00-13.00 WIB.

Ketua DPC PDIP Dairi, Resoalon Lumbangaol kepada wartawan usai pelaksanaan try out mengatakan, pelaksanaan try out ini hanya berlangsung satu hari dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dibuka langsung oleh Megawati Soekarno Putri di Jakarta. Disebutkannya kegitan ini merupakan agenda tahunan yang dipelopori Ketua DPP bagian Pemuda dan Olahraga, Sukur Nababan.

“Kebetulan moment kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu atau hari kebaktian gereja dan di Dairi ini mayoritas beragama keristen sehingga banyak peserta tidak bisa ikut. Kita harapkan peserta yang mendaftar mencapai seribu lebih tapi yang mendaftar hanya sekitar 500 orang,”ujarnya.

Menurut Resoalon melalui try out ini diharapkan para peserta dapat mengukur kemampuannya untuk ikut tes seleksi SBMPTN dan dapat diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) yang menjadi favoritnya.

“Jadi intinya try out ini sebagai barometer untuk mengukur kemampuan para peserta sebelum mengikuti SBMPTN,”ucapnya.

Ditambahkan Resoalon, dalam pelaksanaan try out ini para peserta tidak dipungut bayaran alias gratis. Hasil ujian try out ini akan diumumkan pada, 5 Mei 2018 di Kantor DPcPDIP jalan Ahmad Yani, Kelurahan. Batang Beruh, Kecamatan Sidikalang.

“Bagi peserta yang masuk 5 besar,  5 dari IPA dan 5 dari IPS nantinya akan kita berikan hadiah,”terangnya.

Sementara, salah seorang peserta, Septiani boru Lingga warga Kecamatan Sumbul saat ditanya tanggapannya terkait try out yang diadakan PDIP mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dan keren, karena mengajak para siswa/siswi yang telah lulus SMA berfikiran untuk melanjut kuliah. Karena masih banyak berfikiran masih pendek tidak mau melanjut kuliah walaupun orang tuanya mampu.

“Dengan adanya try out SBMPTN ini saya rasa cukup bagus dan mengenai materi soal-soal yang diberikan untuk pelajaran IPA cukup sulit kalau yang IPS saya tidak tau. Tapi pada intinya try out yang dilaksanakan PDIP sangat bagus. Harapan saya ke depan kegiatan try out ini lebih baik lagi dan semangkin banyak peserta yang ikut,”ungkapnya. (gun’s)