DPT Hasil Rapat Pleno KPU Dairi Menurun Menjadi 174.907 Pemilih

447
Rapat Pleno Penetapan DPT

Dairi, Sidikalang-dibaktinews.com

Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dalam pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati Dairi tahun 2018 yang digelar di Hotel Mutiara jalan Parluasan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (19/4/18) pukul 14.00-19.00 WIB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi, melalui devisi teknis, Freddy didampinggi komisioner KPU lainnya, Veriyanto Sitohang, Hartono Maha dan Jenny Ester Pandiangan dan disaksikan Panwaslih Dairi, Disdukcapil, Perwakilan tim pemenangan pasangan calon Bupati/Wakil Buati Dairi nomor urut1 dan 2  serta Perwakilan tim pemenangan pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara nomor 1 dan 2,  menetapkan jumlah DPT Kabupaten Dairi sebanyak 174.907 pemilih.

“Dengan rincian 86.016 pemilih laki-laki dan 88.891 pemilih perempuan, tersebar di 680 TPS, 169 Desa/Kelurahan dari 15 Kecamatan”, terang Freddy.

Saat ditanya apakah jumah DPT yang ditetapkan sudah final, Freddy mengatakan, kalau untuk DPT itu sudah final, tetapi kalaupun nanti masih ada penambahan itu tidak masuk dalam DPT. Namun akan masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

“Jadi bagi masyarakat yang masih belum  terdata di dalam DPT ini, tetapi memenuhi syarat yakni, usia minimal 17 tahun keatas dan memiliki KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil bisa mendaftarkan diri ke PPS kami untuk didaftar menjadi pemilih tambahan yang akan ditetapkan di dalam DPTb,”ucapnya.

Begitu juga saat disinggung terkait menurunnya jumlah DPT dari tahun 2014  yang berjumlah  204,494  turun menjadi 174.907 pemilih, Freddy menjelaskan, terjadinya penurunan ini karena adanya singkronisasi dari data jumlah pemilih tahun 2014 dan disinkronisasi dari DP4 yang ada di KPU serta DPSHP yang dilakukan oleh PPK di setiap kecamatan. Sehingga didapat 174.907 pemilih yang benar-benar memiliki KTP elektronik ataupun surat keterangan yang dikeluarkan Disdukcapil.

“Seperti yang kita ketahui dalam penetapan DPS kemarin, itu DPSHP ditingkat kecamatan  masih ada juga yang belum tercatat memiliki KTP elektronik dan surat keterangan. Sehingga ini menurunkan DPT kita yang sekarang dibanding DPT tahun 2014,”pungkasnya. (gun’s)