Kirab Obor Paskah Nasional Tiba Di Kabupaten Dairi

291

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Selama menempu perjalanan panjang dari danau Tondano Sulawesi Utara, kirab obor paskah nasional tiba di Kabupaten Dairi, Rabu (18/4/18) pukul 8.30 WIB. Usai disambut di perbatasan Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat obor paskah nasional selanjutnya dikirab keliling kota Sidikalang diikuti arak-arakan mobil hias.

Selanjutnya  kirab obor paskah tersebut dibawa ke Bukit Golgota Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Kec. Sitinjo dan diterima Bupati Dairi, KRA Johnny Sitohang Adinegoro S.Sos bersama Forkompinda, Ketua LPTQ, Ketua BMAG dan undangan lainnya. Kemudian dilakukan kegiatan ibadah paskah.

Dalam sambutannya, Bupati Dairi mengucapkan selamat datang kepada panitia nasional yang telah membawa kirab obor paskah sampai ke Kabupaten Dairi. Dimana kirab obor paskah ini melambangkan merajut kedamaian dan kerununan. Disebutkannya, Kabupaten Dairi ini merupakan daerah yang masyarakatnya sangat majemuk.

“Ditengah-tengah kemajemukan itu, kami sesuai dengan petunjuk panitia nasional mengupayakan penerimaan obor paskah ini di objek wisata TWI yang mencerminkan ke-5 agama yang ada di indonesia,”ucapnya.

Sementara, seketaris steering committee panitia paskah nasional, Santiamer Silalahi  mengatakan, kirab obor paskah nasional ini baru yang pertama kali dilakukan. Kirab obor paskah ini dimulai dari danau tondano Sulawesi Utara yang diberangkatkan pada 18 Maret 2018 dan diperkirakan akan sampai di Balige pada 26-27 April 2018.

“Jadi bagi umat Nasrani (Kristen) obor ini adalah simbol yang memiliki makna kebangkitan dan kemenangan. Kalau bagi umat keseluruhan adalah kedamaian dan kerukunan,”sebutnya.

Saat ditanya, apakah kirab obor paskah ini akan tetap berlajut ditahun-tahun berikutnya. Santiamer menjelaskan kalau bor ini akan terus dikirab.

”Untuk tahun depan kirab obor nasional akan kita  mulai dari danau toba menuju danau sentani Papua,”terangnya. (gun’s)