Panwaslih Dairi Gelar Rakor Pencermatan DPSHP

491

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

 

Guna mendapatkan masukan dan saran-saran dari beberapa pihak yang berkompeten, panitia pengawas pemilihan (Panwaslih) Dairi gelar rapat Koordinasi (Rakor) pencermatan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), pada pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Bupati/Wakil Bupati Dairi 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Mutiara, jalan Perluasan, Kecamatan Sidikalang, Jumat (13/4/18) dihadiri, seluruh Panwascam dari devisi pengawasan hubungan antar lembaga (PHL), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta 3 lembaga dari NGO yakni, Petrasa, Pesada dan PDPK.

Sebagai nara sumber dalam kegiatan yang di isi dengan sesi tanya jawab tersebut adalah, Jadi Surirang Berutu dari Panwaslih Dairi,, Maimanah Angkat dari Devisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslih Dairi dan Kabid pengelolaan informasi dan administrasi kependudukan Disdukcapil Dairi, Rayambong Sitohang.

Usai kegiatan, Maimanah Angkat kepada wartawan mengatakan, kegiatan rakor ini untuk mencermati DPSHP yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi. Melalui rakor ini nantinya Panwaslih bisa memberikan rekomendasi sebelum menuju penetapan  DPT.

“Jadi kami dari Panwaslih ingin benar-benar menjaga hak pilih seluruh masyarakat Dairi dalam Pilkada nantinya,”ujarnya.

Disebutkan Maimanah, pada rakor  tersebut, awalnya Panwaslih  ingin mengundang tim pemantau pemilu agar ada data pembanding, tapi ternyata hingga saat ini tim pemantau pemilu di Kabupaten Dairi belum terbentuk sesuai surat yang diterima Panwaslih dari KPU Dairi.

“Makanya kami mengundang 3 lembaga dari NGO yang selama ini kami dianggap berperan dan ikut dalam pengawasan partisipatif pada Pilkada 2018 yang akan datang,”ucapnya. (gun’s)